sign up SIGN UP search


parenting

Cara Mengajari Anak Salat Gerhana di Rumah, Mudah Lho Bun

Annisa Karnesyia Kamis, 10 Jun 2021 14:40 WIB
Muslim ibadah caption
Jakarta -

Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan terjadi pada hari ini, Kamis, 10 Juni 2021, Bunda. Namun, fenomena ini tidak dapat dilihat di semua wilayah.

Dikutip dari CNN Indonesia, GMC diperkirakan berlangsung selama 100 menit. Puncak GMC yang disebut cincin api (ring of fire) akan berlangsung maksimal 3 menit 51 detik.

GMC terjadi saat Bulan berada di antara Bumi dan Matahari dalam posisi segaris. Nah, formasi ini menciptakan bayangan Bulan di Bumi dan menutupi sebagian sinar Matahari.


Pada fenomena ini, Bulan berada di posisi yang jauh dari Bumi, sehingga tampak lebih kecil dari Matahari. Bulan sendiri tidak sepenuhnya menutupi Matahari dan bila dipandang dari Bumi terlihat seperti cincin api.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa ada dua macam bayangan Bulan yang terbentuk saat Gerhana Matahari Cincin terjadi, yaitu antumbra dan penumbra. Di wilayah yang terlewati antumbra, gerhana yang teramati akan berupa Gerhana Matahari Cincin, sementara di wilayah yang terkena penumbra, gerhana yang dapat diamati berupa Gerhana Matahari Sebagian.

Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), GMC hanya dapat disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin (Kanada) serta Kawasan Siberia (Rusia). Dalam waktu Indonesia, gerhana akan terjadi pada pukul 17.43.05 WIB, 18.43.05 WITA, atau 19.43.05 WIT.

Saat GMC terjadi, umat Islam dapat melakukan amalan dengan melaksanakan salat sunah Gerhana Matahari nih. Bunda juga bisa mengajak anak melaksanakan salat ini bersama-sama ya.

Menurut pakar parenting Islami, Mohammad Irsyad, M.Pd.I, Rasulullah sudah memerintahkan orang tua mengajarkan anak-anak salat sejak dini. Namun, mengajarkan anak salat bukan perkara mudah. Rasullullah tak hanya memerintahkan, tapi juga memberikan cara pengajarannya.

"Dibutuhkan cara atau metode tersendiri agar pengajaran tersebut bisa sukses," kata Irsyad dalam buku 105 Inspirasi Nabi dalam Mendidik Anak.

Cara mengajari anak salat bisa dengan mengajaknya. Nah, fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) hari ini, dapat menjadi cara Bunda mengajari si Kecil salat serta mengetahui sunahnya.

Baca halaman berikutnya untuk tahu cara mengajari anak salat Gerhana Matahari.

Simak juga tips ajarkan anak agar mau mengaji dan salat, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TATA CARA SALAT GERHANA UNTUK DIAJARKAN KE ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi