sign up SIGN UP search


parenting

Cara Efektif Hadapi Anak 2 Tahun yang Suka Tantrum, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Rabu, 30 Jun 2021 20:25 WIB
Anak tantrum caption
Jakarta -

Bunda pernah dengar fase 'terrible two' pada anak? Tahu enggak sih, fase ini ternyata berkaitan dengan perkembangan emosional dan perilaku anak di usia 2 tahun lho.

'Terrible two' kerap digunakan untuk menggambarkan perubahan yang terjadi pada anak usia 2 tahun. Di usia ini, banyak orang percaya bahwa suasana hati dan perilaku anak mudah berubah menjadi mengerikan.

Lalu bagaimana bila anak 2 tahun mengalami tantrum?

Tantrum merupakan luapan atau ekspresi emosi besar yang dapat dialami anak. Bentuknya bisa berupa marah, kesal, frustrasi, hingga akhirnya menangis.


Anak usia 2 tahun bisa mengalami tantrum yang bikin Bunda frustrasi. Kondisi ini juga masuk ke dalam bagian 'terrible two' tadi, Bunda.

"Kenapa anak usia 2 tahun sering disebut 'terrible two'? Karena pada saat ini, orang tua banyak yang mengelus dada, saat anak tantrum dan dilarang melakukan apa pun, dia langsung nangis," kata Ratih Zulhaqqi, M,Psi, Psikolog, dalam Live Instagram Haibunda, Selasa (15/6/21).

Menghadapi anak 2 tahun yang tantrum memang enggak mudah. Bunda perlu bersabar dan enggak boleh terbawa emosi.

Ketika seorang anak tantrum karena melakukan kesalahan, seharusnya Bunda menempatkan diri sebagai korektor dan fasilitator. Bunda perlu membuat batasan serta membantu si Kecil untuk melihat letak kesalahannya.

"Ketika seseorang melakukan kesalahan, kenapa sih kita yang justru emosi? Kita harusnya memberikan batasan," ujar Ratih.

"Walaupun kita adalah orang tua dari anak, tapi anak juga punya hidup dan keputusan sendiri. Saat dia melakukan kesalahan, orang tua menjadi korektor dan fasilitator yang membantu anak untuk melihat, bukan kita malah ikut marah."

Saat anak 2 tahun mulai tantrum, Bunda bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasinya. Apa yang harus dilakukan ya?

Baca halaman berikutnya.

Simak juga tips lain untuk atasi anak tantrum, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENGHADAPI ANAK 2 TAHUN YANG TANTRUM: MANAJEMEN PERILAKU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi