sign up SIGN UP search


parenting

Tak Kalah dari Bunda, Intip 4 Peran Penting Ayah untuk Perkembangan Anak

Meita Fajriana Rabu, 21 Jul 2021 08:12 WIB
A dad helps his little girl go skateboarding, holding her waist for support.  Shot in Los Angeles, California by the Santa Monica Pier. Sederet peran ayah dalam pengasuhan anak

Jakarta - Bicara tentang ilmu parenting, bukan hanya melulu tentang cara pengasuhan yang dilakukan ibu, melainkan juga perlu ikut serta peran ayah di dalamnya. Orang tua yang terdiri dari ibu dan ayah haruslah bekerja sama untuk mengasuh anak dengan baik. Jika ibu biasanya dikaitkan dengan proses menyusui hingga memberikan makanan pendamping, lantas seperti apa saja peran penting seorang ayah? 

Melansir dari laman Fatherly, sebenarnya tidak ada cara khusus menjadi ayah yang baik. Namun dengan terus memberikan usaha terbaik akan membuat Ayah mendapatkan formula terbaik untuk menjadi orang tua yang keren bagi Si Kecil. Berikut peran ayah dalam pengasuhan anak, simak terus ya:

1. Memberikan banyak cinta

Cinta bukan hanya kata namun semua tindakan. Hal itulah yang perlu dilakukan seorang ayah. Benar sekali, ayah berperan memberikan cinta terbaik di rumah. Membuat keluarganya penuh dengan cinta dengan kerap mengucapkan, "Aku sayang kamu," memberikan ciuman dan pelukan, si Kecil akan tumbuh sempurna dengan cinta Ayah. Saling berterima kasih juga menjadi ucapan cinta. Anak yang merasa dicintai tumbuh lebih baik di kemudian hari. 


2. Prioritaskan kehadiran 

Ayah memang memiliki segudang kegiatan dan pekerjaan. Namun menjadi ayah yang baik bukan harus ada di setiap momen, namun Ayah sebaiknya tahu kapan harus memprioritaskan waktu untuk keluarga. Tahu cara memaksimalkan waktu berkualitas ketika menemani si Kecil bermain dan belajar. Serta, tahu cara menanamkan kebaikan pada anak sejak dini. Jadi ketika ayah bersama anak, waktu dan fokusnya tidak terbagi dengan pekerjaan. 

Resep Baik Selama PandemiResep Baik Selama Pandemi/ Foto: Mia Kurnia Sari

"Ayah yang hangat cenderung memiliki anak yang percaya diri. Hubungan ayah dan anak yang penuh kasih sayang dapat berpengaruh pada prestasi anak, popularitas teman sebaya, dan penyesuaian pribadi si Kecil. Ayah yang penyayang adalah mereka yang memberikan bimbingan masuk akal dan tegas, tanpa memaksakan kehendak secara sewenang-wenang, dan membantu meningkatkan kompetensi pada anak-anaknya," kata Danielle Rannazzisi psikolog anak di New York dilansir dari laman Healthline, Jumat (18/6). 

Simak juga siapa saja seleb yang dianggap ayah paling sweet di video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PERAN AYAH DALAM PENGASUHAN ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi