sign up SIGN UP search


parenting

Tips Didik Anak ala Ibunda Haidar, Siswa SMP yang Lolos Pogram Pra Kedokteran Harvard

Annisa Afani   |   Haibunda Sabtu, 18 Sep 2021 18:17 WIB
BAGAIMANA CARA HAIDAR MENGIKUTI PROGRAM TERSEBUT?
A. Haidar Rainier caption

Untuk diketahui bersama, sekolah Haidar ternyata memiliki afiliasi dengan Universitas Harvard, Bunda. Haidar yang bercita-cita menjadi dokter spesialis bedah toraks dan kardiovaskular itu pun mendaftar dan lolos seleksi usai ditawarkan oleh gurunya.

"Program ini kami ketahui dari sekolah dan yang utama adalah dapat berbahasa Inggris karena materi akan disampaikan dalam Bahasa Inggris."

"Selebihnya, yang penting adalah minat dan motivasi yang tersampaikan dalam essay dan seleksi wawancara supaya panitia seleksi yakin bahwa mereka adalah kandidat yang tepat untuk program ini," papar Bunda Meutia yang juga berprofesi sebagai dosen FKUI ini.


Secara garis besar, dapat kita simpulkan bahwa apa yang Haidar raih ini merupakan kerja sama yang tepat dan seimbang antara anak, orang tua, keluarga, dan lingkungan sekitar ya, Bunda. Mulai dari memahami anak, mendukung potensi yang terlihat, hingga terus mengasah kemampuan yang dimiliki tersebut.

"Tentunya setiap anak memiliki bakat dan potensi yang berbeda, tidak semua harus jadi dokter, tidak semua harus jadi businessman, dan lainnya. Kenali bakat dan potensi anak dengan berusaha berkomunikasi dekat dengannya, sesuaikan cara kita mendidik mereka dengan kebutuhan mereka supaya sinkron karena setiap anak adalah unik," tutur Bunda Meutia.

"Peran orang tua adalah membantu anaknya menemukan passion atau path mereka masing-masing bukan untuk menentukan jalan atau karir yang harus mereka tempuh," lanjutnya.

Bunda Meutia juga menjelaskan bahwa ia dan suami selalu mendukung Haidar untuk mengembangkan minatnya.

"Haidar memiliki banyak hobi dari olahraga, seni, games online, catur, dan lain-lain. Olahraga yang disukai seperti sepak bola, basket, badminton, tenis meja, skateboard, dan pernah menang berbagai kejuaraan."

"Di bidang seni, Haidar senang bernyanyi dan main gitar. Dia pernah terpilih menjadi pemeran utama dalam pertunjukan musikal sekolahnya. Selain hobi main catur, Haidar juga suka main game online dengan teman-temannya, tentunya semua diatur waktunya sesuai proporsi agar seimbang dan yang paling penting adalah Haidar bisa menikmatinya," kata Meutia.

Semoga cerita Haidar bisa menginspirasi Bunda, ya.

(AFN/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!