sign up SIGN UP search


parenting

8 Jenis Cerita Rakyat, Fungsi, dan Pengertian yang Bisa Bunda Ajarkan ke Anak

Tim HaiBunda Minggu, 26 Sep 2021 15:57 WIB
Pagelaran Drama Musikal 'Timun Mas' digelar selama dua hari, Sabtu (29/6) dan Minggu, (30/6) di Istora Senayan Jakarta. Acara yang di dukung oleh Djarum Apresiasi Budaya itu memberikan pertunjukan cerita rakyat yang dibalut dengan unsur drama, opera, orkestra serta multimedia yang canggih. File/detikFoto. caption
Jakarta -

Adanya sebuah cerita rakyat kali pertama berasal dari masa lampau yang sering sekali diajarkan kepada generasi setelahnya. Hal itu adalah ciri khas dari sebuah negara yang telah mempunyai keanekaragaman dari sejarah dan budaya.

Agar Bunda dapat mengetahuinya lebih lanjut, silakan simak informasi berikut ya, Bun.

Apa Itu Cerita Rakyat?


Banner Anak Bogor Lolos HarvardFoto: HaiBunda/Mia

Pengertian Cerita Rakyat

Cerita rakyat adalah salah satu variasi dari karya sastra yang memiliki bentuk sebuah cerita serta hidup, lahir, dan juga berkembang di kalangan masyarakat tradisional. Penyebarannya sendiri melalui lisan dan mengandung sebuah survival. Sifatnya sendiri anonim dan disebarkan secara luas di tengah-tengah kolektif khusus dengan jangka waktu yang lumayan lama.

Jenis cerita rakyat

Terdapat beberapa macam jenis cerita rakyat yang dapat Bunda bedakan dari tokoh yang terlibat atau pun dari karakternya. Adapun jenis cerita rakyat antara lain:

1. Mitos

Mitos adalah sebuah cerita yang di dalamnya mengandung kisah-kisah dari dewa-dewi yang sifatnya penuh dengan mistis dan juga sakral. Misalnya saja seperti Dewi Sri, Nyai Roro Kidul, dan Hikayat Sang Boma.

2. Parabel

Parabel adalah sebuah cerita yang menggambarkan ajaran moral dengan menggunakan perbandingan. Isinya mengajarkan mengenai nilai baik untuk anak.

3. Fabel

Fabel adalah sebuah cerita rakyat yang mempunyai tokoh seorang binatang yang bisa berperilaku seperti manusia pada umumnya. Misalnya saja Serigala yang Licik dan Kancil yang Cerdik.

4. Legenda

Cerita dalam legenda mempunyai unsur yang memuat sesuatu terkait dengan asal-usul terjadinya suatu daerah atau tempat. Misalnya saja Asal-Usul Danau Toba, Terbentuknya Tangkuban Perahu, dan Asal-Usul Banyuwangi.

5. Cerita Jenaka

Cerita jenaka bercerita terkait dengan kebodohan maupun kelucuan. Misalnya saja Pak Belalang, Pak Pandir, dan Cerita si Kabayan.

7. Epos

Cerita dari epos menggambarkan sebuah kepahlawanan. Contoh cerita rakyat epos adalah cerita Mahabarata dan Ramayana.

8. Sage

Cerita yang terkandung di dalam sage mempunyai sebuah kandungan unsur dari sebuah sejarah. Misalnya saja Rara Jonggrang, Ciung Wanara, dan Damarwulan.

Perlu Bunda ketahui bahwa cerita rakyat ini juga mempunyai beberapa ciri seperti kaya akan nilai-nilai luhur yang masih diwariskan. Jangan kaget juga jika sebuah cerita rakyat mempunyai beberapa variasi serta versi, tidak bisa diketahui siapa yang kali pertama membuatnya, penyampaiannya secara turun temurun, dan bersifat tradisional.

Fungsi dari Cerita Rakyat

Fungsi dari sebuah cerita ini adalah sebagai sarana hiburan karena ceritanya mirip seperti dongeng sehingga penonton akan diajak untuk berkelana ke alam yang lain. Selain itu dapat digunakan sebagai sarana pendidikan dan sebagai pengukuh dari sebuah nilai-nilai sosial budaya yang terdapat di dalam masyarakat. (PK)

Simak juga video berikut cara membangun kepercayaan diri anak dengan cara-cara sederhana.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!