sign up SIGN UP search

parenting

5 Persiapan Sekolah Tatap Muka atau PTM untuk Si Kecil, Jangan Sampai Kelewat

Annisa A Jumat, 01 Oct 2021 08:00 WIB
Ilustrasi sekolah tatap muka atau PTM caption
Jakarta -

Beberapa daerah di Indonesia tengah melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) Terbatas atau sekolah tatap muka. Meski begitu, Bunda tetap harus memastikan Si Kecil tetap sehat agar tidak tertular COVID-19 yang masih mewabah.

Sekolah tatap muka menjadi kesempatan anak untuk kembali bersekolah. Si Kecil dapat kembali berinteraksi dengan guru dan teman-teman sebaya.

Setahun terakhir, mereka mungkin sudah bosan melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Belajar online tak bisa membuat mereka menikmati suasana kegiatan belajar mengajar secara langsung di sekolah.


Sebagian anak sekolah juga kesulitan mencerna pelajaran hanya melalui layar ponsel atau laptop. Bertemunya kembali Si Kecil dengan guru akan memulihkan kembali gaya belajar tatap muka yang telah lama hilang akibat pandemi.

Banner Journaling Sehatkan Mental

Akan tetapi, Bunda masih perlu waspada untuk melepas Si Kecil ke sekolah. Meski Indonesia telah mencetak angka positivity rate yang rendah, masih ada potensi penularan virus di luar rumah.

Apalagi, anak sekolah di bawah 12 tahun masih belum bisa mengikuti vaksinasi COVID-19. Mereka lebih rentan terkena virus tanpa adanya antibodi, Bunda.

Agar Si Kecil tetap sehat dan aman saat kembali bersekolah, berikut ini 5 hal yang harus Bunda persiapkan:

1. Pemahaman Si Kecil tentang Corona

Agar Si Kecil mau mengikuti protokol kesehatan, Bunda terlebih dahulu harus memberikan pemahaman soal COVID-19 kepada mereka. Berikan pemahaman seluas mungkin tentang virus Corona yang mewabah di seluruh dunia.

"Pertama, berikan pemahaman terlebih dahulu kepada anak. Berikan gambaran mengenai apa sih Covid itu. Apa saja yang dihadapi oleh orang-orang di masa pandemi," kata dokter spesialis anak dr Natasya Ayu Andamari, SpA, di webinar #KurangiWorry Mama's Choice, Selasa (28/8/21).

Dr Natasya menjelaskan, orang tua harus memberi pengertian tentang COVID-19 secara mendalam. Tak hanya soal pengertian virus, Bunda juga harus menjelaskan bahaya dari Corona dan risiko yang didapat dari mengikuti sekolah offline.

Dengan memahami ancaman COVID-19, Si Kecil akan lebih waspada dan peduli terhadap ancaman virus tersebut. Mereka pun akan lebih mudah mengikuti protokol kesehatan karena timbulnya rasa ingin melindungi diri sendiri dan orang lain.

Bunda juga bisa mengajak Si Kecil berdiskusi mengenai regulasi sekolah di masa pandemi COVID-19. Biasanya, sekolah akan memberlakukan tata tertib khusus selama pandemi.

"Pahami bagaimana sistem pelajarannya, berapa jumlah murid dalam setiap kelas, berapa lama durasinya, seperti apa peraturannya," ujar dr Natasya.

"Tanyakan pendapatnya apakah memilih mengikuti pembelajaran tatap muka atau tetap mengikuti sekolah daring," lanjutnya.

Apabila Si Kecil sudah memahami dan setuju mengikuti kegiatan PTM Terbatas di masa pandemi, Bunda bisa persiapkan langkah di halaman selanjutnya.

Saksikan juga video mengenai hal yang perlu dihindari orang tua anak SD.

[Gambas:Video Haibunda]

NUTRISI & IMUNITAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!