sign up SIGN UP search


parenting

5 Persiapan Sekolah Tatap Muka atau PTM untuk Si Kecil, Jangan Sampai Kelewat

Annisa A Jumat, 01 Oct 2021 08:00 WIB
NUTRISI & IMUNITAS
ilustrasi bekal anak caption

2. Persiapan bekal anak

Untuk menunjang kegiatan Si Kecil saat sekolah tatap muka atau PTM, Bunda perlu memberi asupan gizi seimbang lewat bekal dan sarapan yang tepat. Sebelum berangkat sekolah, jangan lupa ajak Si Kecil menikmati sarapan.

Memulai kegiatan di luar rumah dengan sarapan dapat mendukung daya konsentrasi anak ketika belajar. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan energi dari sarapan untuk beraktivitas di sekolah.

"Untuk sarapan, kalau bisa berikan mereka karbohidrat. Kalau sulit makan dan hanya ingin susu bisa coba ditambahkan roti. Jadi meskipun sedikit, tetap ada sumber energi tambahan untuk mereka," tutur dr Natasya.


Selain itu, jangan lupa persiapkan bekal sederhana untuk dimakan pada jam istirahat. Bawakan menu simple agar bisa cepat dimakan oleh Si Kecil.

"Biasanya jam makan akan dibatasi saat PTM Terbatas. Maka dari itu, bawa bekal secukupnya saja. Tetapi jangan sampai anak kelaparan, disesuaikan bekal apa nih yang cocok untuk anak di masa pandemi. Harus yang ringkas agar dapat makan lebih cepat," ujarnya.

3. Vaksinasi

Meski anak usia di bawah 12 tahun belum dapat melakukan vaksinasi COVID-19, Bunda tetap perlu memastikan kelengkapan imunisasi mereka. Berikan vaksinasi lengkap yang disarankan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) seperti vaksin influenza.

"Di usia 5 sampai 7 tahun biasanya ada booster untuk imunisasi tertentu. Namun banyak orang tua melewatkannya. Padahal ada lagi imunisasi yang harus dilakukan setelah 2 tahun," kata dr Natasya.

Selain imunisasi, Bunda juga perlu menunjang kekebalan tubuh mereka dengan konsumsi vitamin. Pilih vitamin yang aman dikonsumsi untuk anak dalam jangka panjang.

"Selain itu, pastikan staff di sekolah mereka sudah divaksin COVID-19," ucapnya.

Selain itu, simak juga persiapan anak sekolah untuk menjaga imunitas mereka di halaman berikutnya.

PERALATAN WAJIB
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!