sign up SIGN UP search

parenting

Inul Daratista Kenang 13 Tahun Menanti Momongan, Janjikan Ini untuk Anak

Annisa Karnesyia Jumat, 08 Oct 2021 23:00 WIB
CARA MENDIDIK ANAK MENURUT PSIKOLOG
Inul Daratista dan putranya Ivan caption

Dalam mendidik anak dibutuhkan kerjasama antara Ayah dan Bunda. Selain itu, kita juga perlu bersabar dalam menghadapi perilaku anak yang sedang tumbuh dan berkembang ya.

Psikolog Anak dan Remaja, Reti Oktania, M.Psi, Psikolog, menjelaskan bahwa mengasuh anak memang membutuhkan kesabaran para orang tua. Dalam hal ini, Ayah dan Bunda dituntut untuk bisa memahami anak tanpa mengurangi ketegasan dan kedisiplinan dalam mendidiknya.

Orang tua perlu menerapkan batasan dan konsekuensi dalam mendidik anak. Hal ini sebenarnya sudah bisa dipahami Si Kecil saat masih bayi lho.


"Pada dasarnya, anak-anak sudah mengerti diajak komunikasi sejak masih bayi. Bahkan, anak sudah mulai bisa diajak untuk memahami batasan dan konsekuensi sejak usia 1 tahun. Jadi, meskipun anak belum bisa bicara dan menyampaikan jawaban mereka, sebenarnya sudah paham jika diberi larangan," ujar Reti kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Tapi alih-alih berfokus pada larangan, Bunda sebaiknya lebih fokus pada berempati terhadap kebutuhan anak. Berikan pemahaman mengenai konsekuensi, dan memberi batasan. Misal dengan memberi tahu apa yang anak boleh lakukan, bukan yang tidak boleh anak lakukan.

(ank/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!