sign up SIGN UP search


parenting

7 Tipe Pola Asuh Anak, Jangan Sampai Salah Pilih dan Bikin Anak Tertekan Bun

Ummu Kultsum Roihaanah   |   Haibunda Minggu, 24 Oct 2021 20:20 WIB
an asian chinese mother cooking preparing food at kitchen counter  with her daughter caption

Jakarta - Mengasuh anak membutuhkan strategi tersendiri nih, Bunda, hingga menemukan pola yang benar-benar tepat untuk membesarkan Si Kecil. Dalam proses mengasuh anak tersebut, bisa jadi berbeda antara anak yang satu dengan lainnya.

Perlu diingat nih, setiap tipe pola asuh diterapkan pada anak tidak ada yang salah dan benar ya. Setiap tipe pola asuh merupakan pilihan dari masing-masing Bunda agar sang anak mendapat yang terbaik. 

Berbicara mengenai tipe pola asuh anak, apakah Bunda sudah mengetahui tujuh jenis tipe pola asuh anak? Jika belum, yuk simak Bunda penjelasan lebih lengkap mengenai tujuh jenis tipe pola asuh anak berikut ini, melansir dari Health Line:


1. Pola asuh authoritative

Authoritative merupakan pola asuh di mana Bunda menentukan dan memberikan berbagai batasan yang jelas terhadap anak. Meskipun menentukan dan memberikan berbagai batasan terhadap anak, pola asuh ini tetap mendorong anak untuk dapat berdiskusi dengan Bunda, terbuka, dan jujur. 

Banyak ahli perkembangan anak menganggap pola asuh authoritative sebagai bentuk pola asuh yang paling masuk akal dan efektif untuk diterapkan. Hal tersebut dikarenakan anak-anak dengan pola asuh authoritative cenderung disiplin dan dapat berpikir sendiri. 

2. Pola asuh authoritarian

Pola asuh yang satu ini dikenal dengan gaya pengasuhan yang kaku dengan menegakkan aturan yang ketat dan sedikit mempertimbangkan perasaan anak. Dalam pola asuh authoritarian ini, Bunda seringkali memiliki harapan yang tinggi dan berharap bahwa anak-anak dapat mengikuti.

Menurut penelitian tahun 2012 dari University of New Hampshire, anak-anak yang diasuh dengan pola authoritarian tidak melihat orang tua sebagai figur otoritas yang sah. Anak-anak dalam pola asuh ini cenderung untuk terlibat dalam perilaku nakal, seperti merokok, bolos sekolah, dan minum di bawah umur. 

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa anak-anak dari pola asuh ini lebih tertekan daripada anak-anak lain dan cenderung memiliki nilai yang lebih buruk.

3. Pola asuh attachment 

Attachment merupakan bentuk pola asuh yang berpusat pada anak, di mana Bunda mampu menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk anak. Sehingga dari hal tersebutlah anak merasa aman dan cintai. 

Tidak hanya itu, di dalam pola asuh ini, Bunda juga memiliki banyak kontak fisik dengan anak, seperti menggendong, menghabiskan banyak waktu bersama, dan bahkan tidur bersama dengan anak. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010 di APAPsychNET mengungkapkan bahwa anak dengan pola asuh attachment cenderung bersifat mandiri, memiliki empati tinggi, dan mampu mengontrol emosi. 

Simak kelanjutan pembahasan mengenai pola asuh yang lainnya di halaman selanjutnya!

Ajari anak mandiri seperti dalam video di bawah ini yuk, Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



POLA ASUH HELIKOPTER PICU ANAK DEPRESI SAAT DEWASA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!