sign up SIGN UP search


parenting

Alasan 2 Saudara Kandung Punya Perilaku Berbeda, Ternyata Kuncinya di Otak Bun

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 29 Oct 2021 17:07 WIB
HASIL PENELITIAN PERBEDAAN PERLAKU DUA SAUDARA KANDUNG
Saudara Kandung caption

Hasil penelitian menemukan perbedaan struktural di bagian otak yang disebut Korteks parietal inferior pada remaja, dengan gangguan perilaku dan anggota keluarga mereka. Namun, ada juga perubahan struktural di otak yang spesifik untuk kelompok yang mengalami gangguan tingkah laku di daerah otak yang bertanggung jawab atas sifat empati. Tapi, perilaku tersebut tidak ditemukan pada saudara lainnya.

Selain itu, para peneliti menemukan perubahan di korteks prefrontal, area otak yang terlibat dalam perencanaan dan pengambilan keputusan. Ini mungkin yang menjelaskan mengapa ada perilaku anti-sosial pada seorang anak, meski tumbuh dalam lingkungan yang baik.

"Penelitian kami bertujuan untuk memahami akar penyebab gangguan perilaku, khususnya apa yang membuat anggota keluarga yang sama memiliki perbedaan dalam perilaku anti-sosial dan apakah ada penanda risiko genetik untuk gangguan perilaku di otak," kata Dr. Graeme Fairchild dari Departemen Psikologi di University of Bath.


"Ini adalah salah satu studi pertama yang berbasis keluarga dan meneliti gangguan perilaku. Penelitian ini menjelaskan bahwa otak menjadi organ penting yang bisa membedakan perilaku anggota keluarga yang sama, terutama yang berisiko tinggi mengembangkan perilaku anti-sosial atau kriminal."

Penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan perilaku utama dapat ditentukan oleh perubahan kecil di bagian otak, terutama yang bertanggung jawab untuk fungsi eksekutif atau pengambilan keputusan. Perbedaan ini bisa membuat beberapa saudara kandung lebih rentan terhadap perilaku berisiko.

Tim peneliti berharap bahwa temuan mereka bisa menjadi intervensi dini untuk anak-anak remaja dengan gangguan perilaku, serta membantu mereka mengakses bantuan dan pengobatan pada usia lebih dini.

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!