sign up SIGN UP search

parenting

6 Makanan Penambah Darah untuk Cegah Penyakit Anemia, Ada Daging Bebek Lho

Tim HaiBunda Senin, 01 Nov 2021 11:50 WIB
Two raw rib eye steak on a wooden Board on a table prepared for the grill. Top view rustic style Ilustrasi makanan pencegah anemia/Foto: iStock
Jakarta -

Untuk mencegah masalah penyakit anemia, seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan penambah darah yang sehat dan bergizi bagi tubuh. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kandungan zat tertentu, maka pembentukan sel darah merah dapat berlangsung dengan baik. Sekarang pertanyaannya, Bun apa saja makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah penyakit anemia?


Aneka makanan penambah darah paling ampuh untuk mencegah anemia

Pada umumnya, penderita anemia mengalami masalah kekurangan darah lantaran kadar zat besi dalam tubuhnya menurun. Padahal, zat besi sendiri merupakan sumber mineral yang penting demi membantu pembentukan hemoglobin di sel darah merah. Hemoglobin berguna untuk mengikat dan mengirim oksigen ke seluruh tubuh.

Banner Cara Atasi WC mampetFoto: HaiBunda/Mia

Mengingat pentingnya zat besi dalam tubuh ini, penderita anemia dianjurkan untuk mengonsumsi sejumlah makanan. Mulai sayuran hijau, aneka jenis daging, hingga biji-bijian.


Untuk lebih jelasnya mengenai makanan apa yang sebaiknya perlu dikonsumsi penderita anemia, Bunda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini:

1. Daging merah dan daging unggas

Salah satu makanan yang bisa menambah darah untuk dikonsumsi penderita anemia yakni berasal dari daging merah dan unggas. Daging merah di sini bisa diperoleh dari daging sapi maupun daging kambing. Sementara daging unggas seperti dari daging ayam dan daging bebek.

2. Jeroan/organ dalam hewani

Tidak hanya berupa daging, jeroan juga bisa menjadi daftar makanan penambah darah yang wajib dikonsumsi penderita anemia. Adapun jeroan/organ dalam hewani yang bisa dikonsumsi antara lain seperti hati, ginjal, otak, dan jantung.

3. Berbagai makanan laut

Jika Bunda termasuk orang yang suka aneka jenis makanan laut, bisa menjadikan makanan ini sebagai salah satu menu untuk menambah darah. Berbagai makanan laut yang bisa dikonsumsi antara lain seperti kerang, tiram, udang, dan ikan laut. Untuk menu ini perhatikan jangan sampai ada kandungan merkuri di dalamnya ya, Bun.

4. Sereal

Sereal menjadi salah satu sumber makanan yang baik untuk dikonsumsi bagi seseorang untuk menambah zat besi harian dalam tubuh. Meski demikian, sebaiknya Bunda memilih jenis sereal yang mengandung berbagai nutrisi seperti zat besi, protein, dan kandungan karbohidrat.

5. Sayuran hijau

Untuk menambah darah, Bunda juga bisa mengonsumsi makanan bergizi yang diperoleh dari sayuran hijau. Di mana Bunda bisa mengonsumsi berbagai sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kangkung dalam membantu memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh.

6. Kacang dan biji-bijian

Makanan yang tak boleh ketinggalan dalam daftar penambah darah yakni kacang dan biji-bijian. Bunda bisa mengonsumsi makanan jenis kacang dan biji-bijian seperti kacang kedelai, kacang mete, hingga biji bunga matahari.

Makanan yang sebaiknya dihindari bagi penderita anemia

Tak hanya mencukupi asupan makanan untuk menambah darah, ada baiknya bagi para penderita anemia untuk menghindari berbagai macam makanan berikut ini:

  • Makanan dengan kandungan tanin (zat alami dari makanan nabati) seperti teh hitam, teh hijau,kopi, anggur dan jagung.
  • Makanan dengan kandungan gluten yang banyak ditemukan dalam makanan gandung hitam.
  • Makanan dengan kandungan fitat (makanan tinggi serat) seperti beras merah.

Bagi Bunda yang mengalami masalah anemia, sebaiknya cukupi asupan makanan penambah darah dengan tepat agar terhindar dari masalah tubuh lemas, sesak napas, dan pusing (PK)

Simak juga video berikut mengenai makanan pencegah anemia untuk ibu hamil.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!