sign up SIGN UP search


parenting

7 Tips Pemberian MPASI saat Anak Sakit, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Sabtu, 09 Oct 2021 12:16 WIB
Anak sakit caption
Jakarta -

Anak sakit biasanya suka menolak MPASI karena kehilangan nafsu makan. Hal ini wajar terjadi, tapi harus segera diatasi ya, Bunda.

Anak sakit yang menolak makan tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Sebab, mereka membutuhkan energi dari makanan saat kondisi tubuhnya menurun karena sakit.

Sama seperti orang dewasa, imunitas anak bisa kembali baik ketika mengonsumsi asupan nutrisi yang tepat. Bagi anak yang MPASI, sumber nutrisi bisa didapatkan dari ASI dan makanan pendampingnya.


Mengutip Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes, MPASI adalah makanan yang mudah dikonsumsi dan dicerna oleh bayi. MPASI yang diberikan harus menyediakan nutrisi tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi, terutama yang sedang tumbuh dan berkembang.

Janin Menangis di KandunganPenyebab janin menangis di kandungan/ Foto: Mia Kurnia Sari

MPASI menyediakan tambahan vitamin, mineral, protein, dan karbohidrat. Nah, kebutuhan gizi tersebut sangat dibutuhkan ketika anak sehat atau sakit.

Pemberian makan saat anak sakit enggak boleh dilakukan sembarangan. Selain memilih menu yang tepat, Bunda juga enggak boleh memaksa anak makan.

Saat memberikan MPASI ke anak, kita juga perlu menyesuaikan kondisinya ya. Setiap penyakit membutuhkan penanganan yang berbeda, termasuk dalam memberikan asupan nutrisi dari makanan.

Menurut Dokter Spesialis Anak dr. Meta Hanindita, Sp.A.(K), MPASI baik adalah yang kaya akan energi, protein, dan mikronutrien, khususnya zat besi, seng, kalsium, vitaminA, C, dan folat. Selain itu, MPASI tidak memiliki rasa pedas atau asin dan mudah dimakan oleh Si Kecil.

Saat membuat menu MPASI untuk anak sakit, Bunda perlu memikirkan rasa ya. MPASI yang baik juga mencakup makanan yang disukai oleh buah hati.

"Pola makan dan kualitas makanan yang sehat sangat penting untuk memastikan seorang anak bertumbuh dan berkembang dengan baik," kata Meta dalam buku Mommyclopedia: Tanya Jawab tentang Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak.

Saat anak sakit, dia bisa menjadi rewel dan menolak makan. Lalu bagaimana cara menghadapi kondisi ini ya, Bunda.

Yuk, baca halaman berikutnya.

Simak juga 3 resep MPASI dari kentang, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS MEMBERIKAN ANAK MAKAN SAAT SAKIT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!