sign up SIGN UP search


parenting

Kasus COVID-19 Terbanyak di SMP & SMA, Kemenkes Minta Ortu Dukung Swab Acak

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 28 Oct 2021 17:20 WIB
Vaksin Covid-19 caption
Jakarta -

Pandemi COVID-19 belum berakhir. Meski begitu, kita bisa sedikit bernapas lega karena vaksinasi COVID-19 sudah mulai berjalan. 

Di Indonesia, vaksinasi sudah mencakup anak usia 12 sampai 17 tahun, Bunda. Pemerintah bahkan sudah mengizinkan sekolah kembali dibuka sejak beberapa bulan terakhir.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI, dr.Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, mengatakan bahwa pembukaan sekolah sudah melalui pertimbangan yang sangat matang. Meski sekolah sudah tatap muka, Nadia mengimbau para siswa tetap harus menjalankan protokol kesehatan.


"Dengan pertimbangan matang, sekolah tatap muka kita mulai laksanakan. Akan tetapi, upaya pengendalian COVID-19 harus terus dilakukan," ujarnya, dikutip dari YouTube FMB9ID_ IKP, Kamis (28/10/21).

Banner Cara Atasi WC mampetFoto: HaiBunda/Mia

Salah satu upaya pemerintah dalam rangka pencegahan dan pengendalian COVID-19 di sekolah adalah melakukan surveilans kasus dan perilaku. Surveilans kasus dilakukan dengan pemeriksaan menggunakan tes PCR. Sedangkan surveilans perilaku terkait penerapan protokol kesehatan.

Nadia berharap semua pihak bisa mendukung upaya pemerintah ini, Bunda. Contohnya dengan mengizinkan anak melakukan tes swab secara acak di sekolah.

"Kalau ada swab secara acak di sekolah, orang tua diharapkan bisa mendukung karena ini untuk kebaikan kita semua," kata Nadia.

Untuk anak sekolah usia 12 sampai 17 tahun, pemerintah sudah mencanangkan vaksinasi sejak bulan Juli. Sejauh ini, cakupan vaksinasi sudah cukup besar, terutama di daerah perkotaan.

Vaksin untuk anak 12 sampai 17 tahun yang boleh diberikan adalah Sinovac dan Pfizer. Sinovac diberikan dua dosis dengan jarak minimal 28 hari untuk dosis pertama dan kedua. Sementara itu, Pfizer diberikan dua dosis dengan interval waktu minimal 21 hari.

Hingga kini, vaksinasi anak 12 sampai 17 tahun masih terus dikejar pemerintah, terutama untuk anak usia sekolah. Lalu bagaimana cakupan vaksinasi pada anak usia 12 sampai 17 tahun ini ya?

Baca halaman berikutnya.

Simak juga 6 aturan sekolah tatap muka, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CAKUPAN VAKSINASI ANAK 12-17 TAHUN DI TINGKAT NASIONAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!