sign up SIGN UP search


parenting

Mulai Oktober, Vaksin Pfizer untuk Anak 5-11 Tahun Akan Dizinkan di AS Nih Bun

Annisa Karnesyia Selasa, 14 Sep 2021 13:50 WIB
Imunisasi Anak Vaksin Pfizer untuk Anak 5-11 Tahun Akan Dizinkan di AS Bulan Oktober/ Foto: iStock
Jakarta -

Vaksin COVID-19 untuk anak di bawah 12 tahun sudah dimulai di beberapa negara. Bulan Oktober mendatang, Amerika Serikat (AS) berencana membuat izin darurat penggunaan vaksin Pfizer untuk anak usia 5-11 tahun, Bunda.

Mengutip CNBC, pejabat tinggi kesehatan di AS percaya bahwa vaksin ini dapat diizinkan untuk anak di bawah 12 tahun. Setidaknya, ada dua sumber terpercaya yang mengetahui klaim ini.

Secara garis besar, Food and Drug Administration (FDA) AS memang memberikan batas waktu pada otoritas terkait vaksin Pfizer untuk menyediakan data dari uji klinis terkait vaksinasi kelompok usia anak. Batas waktunya hanya sampai akhir September.


AS mengantisipasi keputusan yang dibuat FDA tentang keamanan dan keefektifan suntikan pada anak-anak yang lebih kecil dalam waktu tiga minggu setelah pengajuan otorisasi penggunaan darurat. Apalagi mengingat sekolah sudah kembali dibuka di masa pandemi.

Banner TKW Blitar dapat Hadiah MewahFoto: HaiBunda/Mia

Seorang sumber pakar penyakit menular AS, Dr. Anthony Fauci telah menjabarkan jadwal ini selama pertemuan online yang dihadiri oleh ribuan staf di National Institutes of Health (NIH) beberapa hari lalu. Sumber kedua yang mengetahui situasi tersebut mengatakan bahwa FDA mengantisipasi jadwal yang sama untuk Pfizer.

Jika Pfizer menyerahkan otoritas penggunaan darurat pada akhir September dan data mendukung, maka vaksinasi COVID-19 untuk anak 5-11 tahun bisa terlaksana di Oktober ini, Bunda.

"Pada Oktober atau beberapa minggu pertama bulan Oktober...produk Pfizer kemungkinan akan siap," kata Fauci, menurut sumber tersebut.

Meski begitu, pejabat NIH tidak segera mengomentari pernyataan Fauci nih.

Pfizer memang pernah mengatakan bahwa mereka akan memiliki data vaksinasi untuk anak usia 5-11 tahun dan siap pada bulan September. Mereka juga berencana untuk mengajukan penggunaan darurat segera setelah data siap.

Sebelumnya, pembuat kebijakan, termasuk Fauci telah menyarankan bahwa keputusan FDA paling lambat di bulan November. Lalu bagaimana dengan vaksin Moderna untuk anak-anak di bawah 12 tahun?

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga penjelasan WHO tentang varian Mu, mutasi COVID-19 yang baru muncul, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

VAKSINASI COVID-19 UNTUK ANAK DI BEBERAPA NEGARA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!