sign up SIGN UP search


parenting

5 Cara Menjaga Skin Barrier pada Bayi, Disarankan Hindari Minyak Telon Bun

Annisa A Kamis, 04 Nov 2021 12:45 WIB
ilustrasi bayi Ilustrasi Kulit Bayi Sehat / Foto: iStock
Jakarta -

Banyak orang mendambakan kulit halus dan kenyal seperti bayi. Namun faktanya, kulit bayi justru lebih rentan terkena masalah dibandingkan kulit dewasa. Diperlukan perawatan khusus untuk merawat kulit bayi, Bunda.

Kulit manusia terbentuk sejak masih berada di dalam kandungan. Akan tetapi, kulit baru terbentuk pada trimester akhir menjelang kelahiran. Apabila bayi lahir prematur, itu artinya kulit bayi belum terbentuk dengan sempurna, Bunda.

Tak hanya itu, kulit bayi yang terlahir sehat dan normal pun memiliki karakteristik sel yang berbeda dengan orang dewasa. Sel kulit bayi 30 persen lebih tipis dan kecil dibandingkan sel kulit dewasa.


Skin barrier atau pelindung kulit bayi baru akan terbentuk dengan sempurna ketika sudah menginjak usia 1 tahun. Banyak hal yang dapat membuat kulit bayi iritasi karena kehilangan kelembapan. Meski mudah menyerap air, ternyata kulit bayi juga cepat kehilangan kelembapan.

"Hidrasi kulit pada bayi usia 1, 2, dan 6 bulan lebih rendah dibandingkan Ibunda. Meski daya absorpsi selnya besar, penguapannya juga lebih cepat. Kulit bayi jauh lebih sulit mempertahankan kadar air dibandingkan kulit dewasa," ujar dr Arini Astasari Widodo SpKK, Dokter Spesialis Kulit & Kelamin, di peluncuran Johnson's Milk+Rice Formula Baru, Senin (1/11/21).

Banner Pasutri PekalonganBanner Pasutri Pekalongan/ Foto: HaiBunda/Mia

Hilangnya kelembapan pada kulit bayi dapat memicu skin barrier pada kulit melemah. Akibatnya, kulit tidak bisa melindungi bayi dari paparan virus, bakteri, jamur, hingga komponen penyebab alergi.

Nah, agar tak salah langkah dan menyebabkan bayi mengalami masalah kesehatan, berikut 5 tips menjaga skin barrier agar tak terjadi masalah pada kulit bayi:

1. Cara memandikan bayi yang benar

Banyak orang memandikan bayi dengan air hangat. Padahal, suhu air yang terlalu tinggi justru dapat membuat kulit bayi kering.

"Suhu tidak boleh lebih dari 37 derajat. Memandikan bayi bukan dengan air panas atau hangat, tetapi dengan air yang sama dengan suhu tubuhnya sehingga ia merasa nyaman," kata dr Arini.

Untuk bayi yang membutuhkan kelembapan ekstra, Bunda dapat meneteskan beberapa baby oil yang bisa digunakan untuk mandi. Cara ini efektif digunakan untuk bayi yang memiliki karakter kulit sangat kering.

Jangan terlalu lama memandikan bayi, Bunda. Idealnya, bayi hanya perlu berendam selama 5 menit. Bayi juga tidak perlu sering-sering dimandikan. Cukup mandikan bayi satu kali sehari.

Simak juga cara memakai sabun pembersih yang tepat untuk bayi, di halaman berikutnya.

Jangan lupa saksikan video 5 manfaat luar biasa ASI untuk Si Kecil. 

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
PAKAI LOTION
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!