sign up SIGN UP search


parenting

Cerita Unik WNI Melahirkan di Korea, Bayi Belum 100 Hari Tak Boleh Keluar Rumah

Asri Ediyati   |   Haibunda Kamis, 11 Nov 2021 14:58 WIB
MITOS TENTANG BAYI DI KOREA
Prawindu Prima caption

Masih soal mengasuh anak di Korea, Windu juga mengungkap mitos tentang bayi yang sering ia dengar selama tinggal di Korea. Kata Windu, orang Korea itu suka memuji bayi. Namun, ada alasan unik di balik pujian tersebut.

"Wah cantik ya anaknya, pokoknya orang Korea suka muji. Jadi kata mereka kalau anak dipuji, nanti anaknya benar jadi cantik. Mungkin benar ya, kata-kata baik seperti doa," kata Windu.

Bagaimana dengan mitos untuk ibu usai melahirkan sendiri di Korea? Windu mengaku belum pernah mendengar mitos tentang ibu baru melahirkan di sana.


Namun, di Korea, terdapat budaya makan sup rumput laut setelah melahirkan. Sup tersebut dipercaya bisa mempercepat pemulihan dan perbanyak ASI usai melahirkan.

Terlepas dari cerita tentang pengalaman mengasuh anak di Korea, Windu juga berbagi tentang kondisi pandemi di sana, Bunda.

"Di sini Korea masih setiap hari, mungkin kasus Corona-nya sekitar 2000-an. Belum lagi bisa turun kayak sebelumnya, cuma alhamdulillah sudah banyak banget yang vaksin. Saya juga sudah vaksin, jadi alhamdulillah semoga segera border dibuka jadi orang-orang luar pun bisa datang ke Korea," ungkap Windu.

"Kalau saat ini sih, visa student saja sekarang dipersulit, jadi cuma yang untuk keperluan bisnis atau kerja."

Terkait melahirkan di Korea selama pandemi, Korea juga berlakukan aturan yang sama seperti di Indonesia. Pihak rumah sakit hanya memperbolehkan satu orang pendamping yang boleh menginap. Pasien dan pendamping juga harus dites COVID-19 sebelumnya.

"Tapi (di masa pandemi ini) alhamdulillah pemerintah berikan bantuan," ucapnya.

(aci/rap)
fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!