sign up SIGN UP search


parenting

Ide Permainan Sensory Play Menarik untuk Anak Sesuai Usia dan Tumbuh Kembangnya

Annisa Karnesyia Minggu, 14 Nov 2021 12:25 WIB
Anak main caption
Jakarta -

Sejak baru lahir, bayi sudah bisa mendapatkan stimulasi tumbuh kembang lho, Bunda. Salah satunya dengan menggunakan permainan menarik nih.

Tak semua permainan bisa dimainkan anak ya. Jenis permainan anak yang terbaik adalah sesuai dengan usia dan tumbuh kembangnya.

Bagi anak yang masih kecil, Bunda bisa memilih jenis mainan yang bermanfaat untuk meningkatkan kelima fungsi indera, serta pertumbuhan fisikya. Nah, jenis permainan ini bisa didapatkan dari sensory play.


"Kata sense diartikan sebagai lima panca indera, yaitu penglihatan (mata), pendengaran (telinga), penciuman (hidung), perasa (lidah), perabaan (kulit), pergerakan (proprioseptif, yakni otot dan sendi), serta keseimbangan (vestibular: telinga bagian dalam)," kata Grace Melia, Therapeutic Play Practitioner dan Montessori Diploma in Training, dalam press release Cussons Bintang Kecil 2021 yang diterima HaiBunda, Jumat (12/11/21).

Banner Ricky Soebagdja dan istri

Adapun kata 'play' dapat diartikan sebagai bermain. Jadi, sensory play adalah permainan yang merangsang perkembangan panca indera anak dengan mengajak mereka aktif dalam sebuah format permainan.

Bunda bisa melakukan sensory play bersama buah hati di rumah dengan beragam jenis permainan ya. Selain itu, sensory play juga bisa dibuat dengan memanfaatkan barang yang sudah ada di rumah atau cukup dengan aktif bermain bersama dalam pretend play.

Sebelum bermain sensory play, kenali dulu tahapan tumbuh kembang anak. Bunda enggak bisa menerapkan semua jenis permainan di segala usia.

Kita juga perlu kreatif dalam mencari permainan untuk Si Kecil. Sebab, anak-anak cenderung cepat bosan dengan mainan yang dimilikinya.

"Anak-anak identik dengan bermain. Meski begitu, mereka sering cepat bosan dengan mainan yang mereka miliki. Padahal, membeli mainan bukan hal yang murah untuk sering dilakukan," ujar Grace.

"Sebenarnya, bermain itu sederhana. Kita bisa menciptakan kegiatan maupun permainan sendiri, bisa menggunakan benda-benda di rumah, dan bisa melalui kegiatan sehari-hari," sambungnya.

Lalu apa saja ide permainan anak yang bisa kita ciptakan di rumah? Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga 8 rekomendasi mainan untuk anak usia 2 tahun, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
JENIS PERMAINAN SESUAI USIA ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!