sign up SIGN UP search


parenting

Benarkah Anak Laki-laki lebih Banyak yang Alami Speech Delay?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 07 May 2022 21:40 WIB
Ilustrasi anak belajar huruf vokal dan konsonan caption
Jakarta -

Bunda pernah dengar istilah Einstein Syndrome atau sindrom Einstein? Kondisi ini berhubungan dengan speech delay yang dialami anak-anak, Bunda.

Melansir dari Healthline, sindrom Einstein digunakan untuk menggambarkan seorang anak yang mengalami keterlambatan bicara dan bahasa, tetapi menunjukkan bakat di bidang analisis lainnya. Seorang anak dengan sindrom ini sering dianggap cerdas atau jenius, meski mengalami speech delay.

Karakteristik anak dengan sindrom Einstein adalah mengalami tonggak perkembangan bahasa yang tertunda bisa dilihat dari usianya. Sindrom Einstein masih belum bisa didefinisikan dengan baik atau sulit untuk dijelaskan, Bunda. Sebab, penyebab speech delay pun bermacam-macam.


Menurut Dokter Spesialis Anak, dr.Iqbal Zein, SpA,, kemampuan bicara dan bahasa merupakan salah satu perkembangan yang wajib dimiliki seorang anak. Namun, ada anak yang dapat mengalami keterlambatan bicara atau dikenal dengan speech delay.

Banner Nola B3 Melahirkan di Usia 43 Tahun

Anak dikatakan mengalami speech delay kalau dia tidak bisa bicara dan berbahasa sesuai fase perkembangan usianya.

"Bicara dan bahasa setiap usia anak itu berbeda. Kita harus tahu ada fase di tiap usia dan kita memiliki guideline perkembangan bicara dan bahasa anak. Dikatakan terlambat kalau belum mencapai usianya," kata Iqbal kepada HaiBunda, belum lama ini.

Penyebab speech delay

Penyebab keterlambatan bicara dan bahasa pada anak itu perlu dilihat dulu fisiologisnya ya. Ada dua komponen yang perlu dipahami, yakni reseptif dan ekspresif.

Reseptif adalah kemampuan sensori menerima rangsangan suara, bicara, dan bahasa. Sedangkan ekspresif adalah saat anak mengeluarkan suara, bicara, dan bahasa.

Iqbal menjelaskan bahwa kemampuan anak untuk bicara dan berbahasa itu dipengaruhi beberapa hal atau sebab. Berikut 4 penyebab atau hal yang memengaruhi speech delay pada anak:

1. Otak

Otak adalah pusat kecerdasan seorang anak. Jika otak terganggu dan bermasalah, maka dapat memengaruhi kemampuan berbicara dan perkembangan ranah bicara dan bahasa anak.

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga tanda diabetes pada anak menurut dokter, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak
Anak Usia 7-12 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 7-12 bulan. Cek Yuk arrow-right
BENARKAN SPEECH DELAY BANYAK DIALAMI ANAK LAKI-LAKI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!