sign up SIGN UP search


parenting

7 Cara Stimulasi Bayi agar Cepat Bisa Jalan, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 01 Jan 2022 14:32 WIB
Anak belajar jalan caption
Jakarta -

Berjalan merupakan saat yang dinanti dalam masa pertumbuhan bayi. Waktu ini dimulai saat bayi mengambil langkah pertamanya, Bunda.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), bayi umumnya mulai berjalan sekitar usia 12 bulan. Namun, perkembangan ini bisa terjadi lebih awal atau lebih lambat.

"Seperti halnya semua perkembangan, bayi akan mulai berjalan di garis waktunya masing-masing," kata dokter anak Kristen M. Moyer, MD, dilansir Healthline.


Bunda bisa membantu Si Kecil bergerak dan memberikan stimulasi untuk cepat bisa jalan lho. Kata kunci utamanya adalah tahapan dan waktu. Ingat ya, bayi tidak bisa begitu saja berjalan dalam sekejap.

Banner Basic Skincare untuk Kulit Glowing

Sebelum mulai memberikan stimulasi, Bunda perlu menyediakan tempat yang aman untuk bayi belajar jalan. Tempat yang aman dan nyaman juga dapat menstimulasi dan memotivasinya untuk berani mengambil langkah.

Pastikan lantai bebas dari benda berbahaya. Kemudian, pindahkan benda-benda yang mudah pecah atau jauhkan dari jangkauan anak.

Nah, berikut 7 cara stimulasi bayi agar cepat bisa jalan, seperti mengutip dari beberapa sumber:

1. Biasakan anak bertelanjang kaki

Bertelanjang kaki dapat menstimulasi bayi agar cepat jalan, Bunda. Membiarkan anak bertelanjang kaki bisa membantunya merasakan permukaan yang berbeda-beda.

Dilansir Moms, terapis pediatrik umumnya merekomendasikan bayi sering bertelanjang kaki. Bayi mengandalkan perasaan untuk membimbing mereka berjalan dan menjaga keseimbangan. Permukaan yang berbeda umumnya memerlukan kerja sendi, otot, dan postur. Hal ini tidak ditemukan saat anak mengenakan sepatu.

2. Stimulasi dengan suara musik

Bayi umumnya menyukai suara berirama seperti musik. Suara musik seringkali membuat mereka bersemangat, Bunda.

Coba putarkan lagu yang disukainya. Bunda dapat memberikan contoh cara menikmati lagu anak dengan menggerakkan tangan saat berdiri dan berjalan. Bayi biasanya akan mencari cara untuk menirukan gerakan sesuai irama musik.

Simak juga manfaat merangkak untuk anak, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

STIMULASI ANAK UNTUK BELAJAR JALAN: LATIHAN PENGUATAN OTOT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!