sign up SIGN UP search

parenting

Ternyata Ini 3 Penyebab Utama Berat Badan Anak Susah Naik, Atasi yuk Bun

Meita Fajriana   |   Haibunda Selasa, 15 Mar 2022 20:55 WIB
PENYEBAB BERAT BADAN ANAK SUSAH NAIK
ilustrasi anak makan caption

Berikut beberapa penyebab berat badan anak yang perlu Bunda ketahui, agar dapat diatasi dengan baik, dilansir dari laman Nationwide Children. 

1. Tidak mendapatkan cukup kalori

Dalam 90 persen kasus, anak-anak tidak tumbuh karena mereka tidak mengonsumsi cukup kalori. Ini bisa terjadi ketika seorang anak tidak tertarik untuk makan karena berbagai alasan atau orang tua tidak mengerti berapa banyak kalori yang sebenarnya dibutuhkan anak mereka. 

Bisa juga terjadi pada balita yang aktif dan sehat tetapi kurang tertarik untuk makan. Sementara untuk bayi dalam beberapa bulan pertama mereka dapat disebabkan oleh suplai ASI yang tidak mencukupi atau pencampuran susu formula yang tidak tepat.


2. Makanan terbatas

Kadang-kadang pengasuh atau orangtua dengan masalah kesehatan mental mereka sendiri mungkin tidak memberi makan anak secara memadai. Atau orangtua mungkin tidak sengaja mencampurkan susu formula menjadi terlalu encer. Makanan kurang bergizi untuk beberapa keluarga juga menjadi penyebab berat badan anak susah naik.

3. Masalah mulut atau neurologis

Seorang anak mungkin juga tidak makan dengan baik jika mereka memiliki sensitivitas oral atau masalah neurologis. Masalah tersebut dapat memengaruhi kemampuan mereka untuk menelan dan mungkin disebabkan kondisi seperti cerebral palsy atau langit-langit mulut sumbing. 

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!