sign up SIGN UP search


parenting

3 Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna untuk Dipelajari Oleh Si Kecil

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 28 Mar 2022 20:05 WIB
Kupu-kupu di Taman Bantimurung caption
Jakarta -

Hewan-hewan jenis serangga dan amfibi pada umumnya mengalami yang namanya metamorfosis. Metamorfosis sendiri adalah sebuah proses perubahan bentuk pada hewan-hewan tertentu yang melalui beberapa tahapan.

Perlu Bunda ketahui bahwa metamorfosis ini dibagi menjadi dua yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Ketahui lebih jauh perbedaan dari kedua jenis metamorfosis beserta jenis hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan tidak sempurna berikut ini ya, Bun.


Beda metamorfosis sempurna dan tidak sempurna

Walaupun sama-sama merupakan bentuk transformasi atau perubahan bentuk, ada dua kategori yang membedakannya yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis sempurna ditandai dengan adanya empat proses tahapan dalam transformasinya. Selain itu, ada perbedaan yang sangat mencolok pada fase pupa dan fase imago.

Semua hewan yang mengalami metamorfosis sempurna pasti melewati tahapan pupa dan kepompong. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna antara lain kupu-kupu, nyamuk, lebah, lalat, kumbang, semut, ngengat, kutu.

Kebalikan dari metamorfosis sempurna adalah munculnya perubahan bentuk dari fase nimfa ke fase imago pada metamorfosis tidak sempurna. Hewan yang mengalami ini hanya menjalani sedikit perbedaan bentuk dan tidak melalui tahapan kepompong. Contoh dari hewan-hewan dengan metamorfosis tidak sempurna adalah belalang, kecoak, jangkrik, dan capung.

Mengenal hewan-hewan yang mengalami metamorfosis sempurna

Setelah mengetahui perbedaan dari metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna, berikut ini akan dibahas lebih lanjut tentang proses perubahan yang dialami beberapa hewan yang mengalami metamorfosis sempurna.

1. Kupu-kupu

Saat mendengar kata kepompong, semua orang pasti langsung terpikirkan hewan kupu-kupu. Ya, memang benar kupu-kupu adalah jenis serangga yang mengalami metamorfosis sempurna.

Simbiosis mutualisme bunga dan kupu-kupuKupu-kupu/ Foto: iStock

Tahap perubahan yang dialami kupu-kupu adalah telur, larva, pupa, dan imago. Proses perubahan bentuk pada kupu-kupu ini juga terbilang cukup unik. Pertama, kupu-kupu akan bertelur pada permukaan daun dan saat menetas menjadi sebuah larva.

Larva atau ulat kemudian akan memakan daun yang ada di sekitarnya sampai pada waktunya berhenti untuk membungkus dirinya sendiri dengan serat yang dihasilkan dari air liur si ulat. Selanjutnya kupu-kupu akan cukup lama berada pada fase kepompong. Dan, pada waktunya nanti akan berubah bentuk menjadi seekor kupu-kupu yang cantik.

2. Nyamuk

Selain kupu-kupu, ada juga nyamuk yang merupakan serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Hanya saja, nyamuk tidak bertelur di daun, tapi di genangan air. Saat telur nyamuk menetas, maka akan membentuk jentik-jentik yang lama-lama akan berkembang menjadi besar.

nyamukNyamuk/ Foto: G/iStock

Dalam perkembangannya, biasanya jentik-jentik juga mengalami yang namanya ganti kulit sebanyak dua kali. Setelah itu, nyamuk masuk ke tahapan kepompong yang pada waktunya nanti akan bertransformasi menjadi nyamuk.

3. Lebah

Lebah ternyata juga mengalami empat proses perubahan bentuk seperti kupu-kupu dan nyamuk. Pertama-tama, lebah akan bertelur di dalam sarangnya. Proses perubahan bentuk dari telur menjadi larva cukup cepat karena hanya memerlukan tiga hari saja.

lebahLebah/ Foto: iStock

Setelah menetas, larva tersebut akan tetap bertahan di dalam sarang sampai melalui proses ganti kulit sebanyak lima kali. Baru setelah itu, larva bertransformasi menjadi pupa selama kurang lebih 12 hari. Lewat dari 12 hari, lebah pun akan keluar dari sarangnya dengan cara memakan lilin yang menutup jalan keluar sarang.

Demikian informasi menarik tentang hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi Bunda dan Si Kecil ya. (PK)

Simak juga video berikut mengenai tips parenting dari Bunda Ankatama. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!