sign up SIGN UP search


parenting

Ketahui 4 Gejala Khas Penyakit Tipes pada Anak, Bunda Perlu Tahu

Meita Fajriana   |   Haibunda Rabu, 04 May 2022 09:10 WIB
Ilustrasi anak sakit caption

Jakarta - Bunda tentu telah melakukan banyak cara agar Si Kecil selalu sehat dan terhindari dari penyakit. Namun, semua orang bisa jatuh sakit, tak terkecuali Si Kecil.

Terkadang, anak-anak mungkin menderita masalah kesehatan yang serius, yang mungkin memerlukan perhatian medis segera. Tipes, misalnya, adalah infeksi bakteri yang dapat menyerang anak-anak. Gejala tipes muncul sangat cepat Bunda.

Melansir dari laman Mayoclinic, tipes atau demam tifoid disebabkan bakteri Salmonella typhi. Demam tifoid jarang terjadi di negara maju. Tipes ini masih merupakan ancaman kesehatan yang serius di negara berkembang, terutama bagi anak-anak.


Makanan dan air yang terkontaminasi atau kontak dekat dengan orang yang terinfeksi menyebabkan demam tifoid. Kebanyakan orang yang menderita tipes merasa lebih baik beberapa hari setelah mereka memulai pengobatan antibiotik, tetapi sejumlah kecil dari mereka dapat meninggal karena komplikasi.

banner janin aktif di sebelah kiriJanin aktif di sebelah kiri/ Foto: haibunda.com/novita rizki

"Demam tifoid disebabkan infeksi Salmonella typhi. Itu menyebar dari satu orang ke orang lain, tetapi jika didiagnosis lebih awal, dapat diobati dan tidak akan berakibat fatal. Infeksi sering berkontraksi setelah mengonsumsi air atau makanan yang terkontaminasi dan sering terjadi di antara anak-anak. Setelah tertular, infeksi pertama dan terutama bermanifestasi sebagai demam tinggi yang persisten dan secara bertahap meningkat," kata Arva Bavnagarwala dokter anak di Masina Hospital, Mumbai dikutip dari laman Firstcry, Selasa (12/4). 

Gejala tipes pada anak-anak

Agar dapat mengatasinya segera Bunda perlu tahu dan tanggap dengan tanda dan gejala tipes yang dialami Si Kecil. Berikut tanda-tandanya yang perlu Bunda ketahui. 

1. Demam tinggi

Jika anak Bunda terkena infeksi tifoid, gejala pertama dan terpenting yang harus Bunda perhatikan adalah demam tinggi. Demam tifoid mungkin mulai dari ringan tetapi bisa meningkat selama beberapa hari. Demam ini bisa berlangsung lama Bunda. 

Close-up thermometer. Mother measuring temperature of her ill kid. Sick child with high fever laying in bed and mother holding thermometer. Hand on forehead.Ketahui 4 Gejala Khas Penyakit Tipes pada Anak, Bunda Perlu Tahu/ Foto: iStock

2. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah gejala lain dari tipes pada anak-anak. Jika anak Bunda mengeluhkan rasa tidak nyaman di tenggorokan dan terasa sangat nyeri, bisa jadi Si Kecil menderita tipes. Segera konsultasikan ke dokter ya Bunda.

3. Kelelahan dan lesu

Merasa sangat lelah dan lesu untuk waktu yang lama meskipun tidur nyenyak juga bisa menjadi tanda tipes Bunda. Terkadang, anak-anak sangat lelah karena infeksi sehingga mereka bahkan tidak bisa bangun atau duduk tanpa bantuan.

4. Kehilangan selera makan

Jika Bunda memperhatikan bahwa anak tidak menunjukkan minat untuk makan,menolak untuk makan, dan menderita sakit tenggorokan, maka itu mungkin berarti bahwa Si Kecil terinfeksi tipes.

Simak penjelasan lain di halaman berikutnya ya Bunda. 

Tengok juga yuk Bunda, video tentang mengenal demam tifoid.

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
PENYEBAB PENYAKIT TIPES PADA ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!