sign up SIGN UP search


parenting

Benarkah Pijat Bayi Pengaruhi Nafsu Makan Si Kecil? Ini Penjelasannya, Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Kamis, 05 May 2022 11:20 WIB
Pijat bayi caption

Jakarta - Si Kecil susah makan sehingga berat badannya tak kunjung naik? Tentu hal tersebut membuat Bunda khawatir mengganggu tumbuh kembangnya ya. Apalagi untuk anak-anak di bawah dua tahun, ancaman stunting pun menghantui pertumbuhannya.

Selain mencoba berbagai olahan menu MPASI, ada Bunda yang memilih untuk memberikan suplemen tambahan. Namun, di luar cara itu ada juga yang menyebut bahwa pemberian pijatan ada yang bisa menambah nafsu makan lho.

Pijat adalah cara yang menyenangkan bagi Bunda untuk mengekspresikan cinta dan perhatian Bunda untuk Si Kecil. Pijat dapat menenangkan Si Kecil dan membantunya untuk tidur. Pijat adalah cara yang bagus bagi Bunda dan suami untuk menjalin ikatan dengan Si Kecil.


Lalu, benarkah pijat bayi ini bisa juga mempengaruhi nafsu makan Si Kecil? Pijat memiliki banyak manfaat tambahan untuk Si Kecil, termasuk meningkatkan berat badan, membantu pencernaan, meningkatkan sirkulasi, dan mengurangi rasa sakit saat tumbuh gigi.

Banner Obat Alami Atasi Payudara SakitObat Alami Atasi Payudara Sakit/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Nah, untuk membantu menjawab pertanyaan Bunda terkait pijat bayi yang bisa mempengaruhi nafsu makan Si Kecil, yuk, simak penjelasannya, ya Bunda.

Benarkah pijat bayi mempengaruhi nafsu makan bayi?

Pijat adalah cara yang mudah dan lembut untuk menenangkan Si Kecil. ini juga dapat memiliki efek menenangkan pada Si Kecil, terutama pada saat mereka mengalami kesulitan tidur. Ini juga memberikan kesempatan bagi Bunda untuk menunjukkan cinta dan kasih sayang kepada Si Kecil.

Pijat dapat dilakukan di bagian tubuh mana saja, mulai dari kepala hingga ujung kaki, termasuk lengan, kaki, tangan, dan bahkan juga jari-jari kecilnya yang menggemaskan, lho. Pijat bayi ini tentunya memberikan berbagai macam manfaat untuk kesejahteraan dan perkembangan Si Kecil.

Tahukah Bunda? Bahwa pijat bayi dipercaya dapat mempengaruhi nafsu makan Si Kecil? Bagaimana bisa hanya melalui pijatan bisa mempengaruhi nafsu makan? Tentu bisa, ya Bunda. Salah satu manfaat yang diberikan dari pijat bayi ini diharapkan dapat menambah berat badan Si Kecil.

Melansir dari laman Baby Centre, pijat bayi ini mungkin sangat baik untuk bayi prematur dalam perawatan khusus dalam usaha peningkatan berat badan. Pijat bayi ini dapat merangsang saraf kunci yang disebut saraf vagus, yang menghubungkan otak dengan bagian-bagian penting tubuh, termasuk perut.

Merangsang saraf ini dapat meningkatkan pencernaan dan pergerakan usus, serta membantu berat badan Si Kecil meningkat. Pijat akan membantu mengaktifkan saraf-saraf di tubuh bayi, sehingga dapat membuat tubuhnya lebih nyaman. Saat tubuh terasa lebih baik maka nafsu makan bayi akan terjaga dengan baik.

Selain menambah berat badan Si Kecil, manfaat apa saja yang mungkin akan didapat Si Kecil melalui pijat bayi ini? Simak di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Yuk, simak juga cara mengatasi anak GTM seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 7-12 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 7-12 bulan. Cek Yuk arrow-right
5 MANFAAT PIJAT BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!