sign up SIGN UP search


parenting

5 Penyakit Anak yang Paling Rentan Menyerang Saat Lebaran

Amira Salsabila   |   Haibunda Selasa, 03 May 2022 15:35 WIB
Menjelang hari raya Idul Fitri sebaiknya Bunda meningkatkan kewaspadaan Bunda terhadap kesehatan anak karena saat lebaran anak-anak rentan terkena penyakit. caption

Jakarta - Menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, selain menyiapkan berbagai hal menyambut hati kemenangan, Bunda meningkatkan kewaspadaan terhadap kesehatan anak-anak. Pasalnya, selama libur, biasanya anak-anak rentan terkena beberapa penyakit.

Sebuah penelitian menemukan di masa liburan, anak-anak paling sering mengalami penyakit diare, cedera kulit, atau ruam kulit yang disebabkan gigitan hewan atau parasit, demam dan infeksi saluran pernapasan.

Beberapa penyakit umum tersebut lebih rentan terjadi pada anak-anak jika dibandingkan dengan orang dewasa. Anak-anak pun menjadi lebih mungkin dirawat di rumah sakit daripada orang dewasa karena kondisi mereka.


Oleh karena itu, saat libur Lebaran atau melakukan perjalanan jauh, Bunda perlu maksimal dalam menjaga kesehatan anak-anak agar kekebalan tubuh mereka tidak lemah. Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya, yuk, simak berikut ini, ya Bunda.

Banner 40 Ciri Hamil40 Ciri Hamil/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Anak-anak lebih rentan terkena penyakit saat libur Lebaran

“Pas mudik dan Lebaran itu umumnya anak-anak sakit saluran pernapasan, batuk, pilek, dan diare. Makanya kita sebagai orang tua harus jaga kesehatan anak kita ya. Kalau mudik, bawa obat-obatan sederhana,” pesan Dr. dr Rini Sekartini, SpA(K) di sela-sela peluncuran seri video edukasi kesehatan anak di kantor IDAI.

Saat Lebaran tentunya Bunda dan Si Kecil akan bertemu dengan banyak orang, ini bisa juga menjadi salah satu alasan mengapa anak bisa sakit saat libur Lebaran. Bertemu banyak orang bisa membuat anak lebih rentan terkena batuk dan pilek. Oleh karena itu, Bunda perlu menyiapkan beberapa obat sederhana untuk meringankannya, ya Bunda.

Selain itu, anak-anak juga mungkin akan mengalami diare karena makan makanan sembarangan di pinggir jalan. Oleh karena itu, untuk menghindari hal ini, Bunda perlu menyiapkan bekal sehat dan tentunya bergizi untuk Si Kecil saat berencana untuk bepergian, ya Bunda.

Selain itu, ada beberapa penyakit umum juga yang mungkin akan dialami oleh Si Kecil saat libur Lebaran nanti. Simak berikut ini, ya Bunda.

anak-anak mengaji di pesantrenanak-anak mengaji di pesantren/ Foto: Getty Images/iStockphoto/DistinctiveImages

Penyakit umum pada anak saat Lebaran

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa penyakit umum yang sering terjadi pada anak-anak saat libur Lebaran:

1. Diare

Penyebab utama penyakit diare adalah mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi karena menyebarkan bakteri, virus, dan racun. Diare sering terjadi pada bayi dan keracunan makanan sering terjadi pada anak usia sekolah.

Gejala dari penyakit ini adalah sakit perut, diare berair, dan muntah. Jika parah, mungkin Si Kecil akan mengalami diare berdarah, dan ini membutuhkan perhatian medis segera karena antibiotik diperlukan untuk pengobatannya.

Melansir dari laman Firstcry Parenting, satu-satunya cara untuk menghindari hal ini adalah dengan menjaga kebersihan yang baik di dapur dan hanya mengonsumsi makanan segar yang dimasak dengan baik. Jika Bunda pergi keluar untuk makan malam, pastikan restoran memenuhi standar kebersihan juga, ya Bunda.

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya yuk.

 Saksikan juga video tentang

ISPA HINGGA BATUK DAN PILEK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!