sign up SIGN UP search

parenting

7 Tips Redakan Batuk dan Pilek pada Bayi, Tanpa Perlu Obat lho Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Senin, 09 May 2022 11:30 WIB
Newborn, Baby, Labor - Childbirth, Hospital, Childbirth 7 Tips Redakan Batuk dan Pilek pada Bayi, Tanpa Perlu Obat lho Bun/Foto: Getty Images/Handemandaci

Jakarta - Bunda, tubuh bayi yang baru lahir masih rentan terhadap berbagai infeksi virus seperti batuk dan pilek. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh mereka memang masih lemah. 

Bagi ibu baru, mungkin akan merasa panik dan memutuskan untuk langsung memeriksakan bayinya ke dokter saat mengalami batuk pilek. Padahal, ada lho pengobatan alami yang bisa diupayakan untuk menyembuhkan Si Kecil.

Penting bagi Bunda sebagai orang tua untuk memahami gejala, durasi, pengobatan, dan pengobatan alami untuk menjauhkan infeksi ini dari Si Kecil. Mungkin sebagian Bunda lebih memilih untuk menggunakan obat, tetapi obat flu yang dijual bebas tidak dianjurkan untuk anak di bawah 2 tahun.


Namun, tidak perlu khawatir karena Bunda masih bisa menyembuhkan Si Kecil dengan berbagai cara alami, lho. Ada banyak pengobatan rumahan yang tidak membutuhkan obat untuk menghilangkan batuk dan pilek pada Si Kecil.

Banner Dongeng Anak Sebelum TidurDongeng Anak Sebelum Tidur/ Foto: HaiBunda/Novita Rizki

Lalu, apa saja cara alami agar Si Kecil bisa sembuh dari batuk dan pilek? Nah, untuk membantu menjawab pertanyaan Bunda, dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa tips pengobatan alami untuk meredakan batuk dan pilek. Simak berikut ini, ya Bunda.

1. Menyusui

Menyusui adalah solusi utama untuk mengobati batuk dan pilek pada bayi, lho Bunda. ASI adalah susu yang diproduksi oleh kelenjar susu yang terletak di payudara, ini mengandung bakteri sehat, antibodi, sel darah putih, antimikroba, pelindung dinding sel, imunoglubulin, protein, enzim, dan hormon yang melindungi bayi dari penyakit seperti batuk dan pilek. Ini juga dapat membangun kekebalan mereka untuk melawan bakteri, kuman, dan virus.

The newborn was wrapped in a green cloth and was placed on a soft rubber mat with a blurred background.7 Tips Redakan Batuk dan Pilek pada Bayi, Tanpa Perlu Obat lho Bun./ Foto: iStockphoto

2. Uap

Melansir dari Firstcry Parenting, ini adalah cara alami untuk membantu bayi menjadi tenang dan meredakan hidung tersumbat. Jalankan pancuran air panas di kamar mandi dan biarkan uap memenuhi ruangan.

Setelah itu, bawa Si Kecil ke dalam kamar mandi. Uapnya akan terasa ringan untuk Bunda, tetapi sangat cocok untuk bayi yang lebih tua atau anak-anak. Hindari menggunakan air matang dalam gelas, ya Bunda. ini bisa terbukti berbahaya jika gelasnya terjatuh. Pertimbangkan juga untuk berinvestasi dalam inhalator uap.

3. Berikan banyak cairan

Jaga Si Kecil agar tetap terhidrasi dengan banyak air hangat, ASI, atau cairan lainnya, kemungkinan Si Kecil tidak akan nyaman makan makanan padat saat pilek atau batuk. Cairan akan membantu memberikan nutrisi yang diperlukan tubuhnya dan juga akan membantu meningkatkan sistem kekebalannya.

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Simak juga video tentang 5 cara keluarkan dahak pada bayi.

[Gambas:Video Haibunda]



ANGKAT KEPALA BAYI HINGGA ISTIRAHAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!