sign up SIGN UP search


parenting

5 Obat Diare Alami untuk Pertolongan Anak di Hari Lebaran

Annisa A   |   Haibunda Senin, 02 May 2022 20:30 WIB
Ilustrasi anak sakit perut caption
Jakarta -

Hari Raya Idul Fitri sudah sepatutnya disambut dengan penuh sukacita. Namun apa saja bisa terjadi pada hari Lebaran. Termasuk munculnya masalah seperti Si Kecil yang sakit.

Anak yang sakit akan menjadi tantangan tersendiri untuk Bunda. Pasalnya, agak sulit untuk menemukan dokter anak yang membuka jam praktik tepat di hari Lebaran.

Sementara itu, Si Kecil yang sakit perlu ditangani dengan segera. Apalagi jika anak terkena penyakit yang butuh cepat untuk diatasi, seperti diare.


Dilansir Parenting Firstcry, anak-anak di bawah usia dua tahun seringkali terserang rotavirus yang menyebabkan diare. Kemudian, anak mencret juga bisa dikarenakan alergi terhadap susu, telur, atau kacang tanah.

banner janin aktif di sebelah kiri

Diare dapat muncul kapan saja dan menyebabkan masalah pencernaan pada tubuh Si Kecil. Diare merupakan kondisi yang tidak boleh dianggap sepele. Apabila tidak segera membaik, diare dapat memicu berbagai komplikasi pada anak.

Diare biasa ditandai dengan frekuensi buang air besar lebih sering dan feses yang terlihat encer. Si Kecil juga bisa mengalami sakit perut hebat, muntah, demam, hingga tubuh yang lemas.

Apabila Si Kecil terserang diare, Bunda harus segera membawanya ke dokter anak, meski di hari Lebaran sekalipun. Namun, bagaimana jika Bunda kesulitan menemukan dokter anak?

Sebagai orang tua, tentunya wajar ya, apabila Bunda merasa khawatir. Sebagai pertolongan pertama, Bunda dapat mencoba obat rumahan yang bersifat alami.

Ada beberapa minuman dan makanan yang bisa dijadikan obat diare anak untuk diberikan di rumah. Berikut ini daftarnya:

1. Air putih dan oralit

Ketika anak mengalami diare, sangat penting untuk menjaganya tetap terhidrasi. Diare dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh anak. Hal ini dapat berakibat fatal apabila anak tidak segera mendapatkan cairan.

Bunda bisa berikan anak air putih atau larutan oralit yang dijual bebas di apotek. Cairan ini bisa dengan cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Dilansir Medical News Today, cara membuat oralit yaitu dengan mencampurkan 1 liter air dengan setengah sendok teh garam dan 6 sendok teh gula.

Simak juga obat diare alami untuk anak di halaman berikutnya.

Jangan lupa saksikan video tentang tips aman memilih ART infal saat Lebaran:

[Gambas:Video Haibunda]



BANTU DENGAN MAKANAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!