sign up SIGN UP search


parenting

4 Sajian Khas Lebaran Ini Bahayakan Kesehatan Anak jika Dimakan Berlebihan

Meita Fajriana   |   Haibunda Rabu, 04 May 2022 15:52 WIB
Homemade Indonesian pineapple tart cookies or Nastar served to celebrate Idul Fitri or Eid al Fitr. 4 Sajian Khas Lebaran Ini Bahayakan Kesehatan Anak jika Dimakan Berlebihan /Foto: Getty Images/iStockphoto/Agus Mujianto

Jakarta - Bulan Suci Ramadan akan segera berakhir dan Idul Fitri sudah di depan mata. Seperti yang kita semua tahu Idul Fitri adalah hari raya besar umat muslim yang paling dinantikan. Umat muslim di seluruh dunia merayakan festival ini dengan sangat antusias dan berbagai makanan lezat yang menggugah selera dihidangkan pada momen ini. 

Setelah sebulan berpuasa dan lama menahan diri dari makanan dan minuman, wajar bagi Bunda untuk menikmati beberapa suguhan lezat ini. Begitu juga dengan Si Kecil Bunda. Melansir dari laman Times of India, ternyata tidak semua makanan khas Lebaran baik untuk kesehatan Si Kecil lho. 

Untuk itu Bunda perlu menghindari makanan berbahaya di hari raya ini untuk Si Kecil, tidak peduli seberapa lezat rasanya. Hal ini karena kandungan nutrisi yang sedikit dalam makanan ini dan kandungan lemak serta gula yang berlebih. 


"Apakah ingin merusak Idul Fitri dengan makan makanan berbahaya? Tentu tidak bukan? Itu sebabnya anak harus menghindari makan makanan berbahaya di hari raya ini, tidak peduli seberapa lezat rasanya," kata Mia Armstrong dokter anak yang berbasis di Amerika, dikutip dari laman Healthline, Kamis (28/4). 

Banner 40 Ciri Hamil40 Ciri Hamil/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Apa pun dan segala sesuatu tentang anak sangatlah penting, terutama makanannya. Tidak heran, makanan bergizi sangat penting untuk membangun fondasi yang baik dari tubuh dan pikiran yang sehat.

Sebagai orang tua, Bunda selalu menyiapkan makanan terbaik untuk Si Kecil. Begitu juga saat merayakan Idul Fitri, Bunda harus pintar memilih makanan khas Lebaran yang aman untuk Si Kecil. 

Berikut makanan khas Lebaran yang bisa berbahaya untuk kesehatan anak, yang perlu Bunda ketahui, melansir dari laman Healthline. 

1. Kue kering

Hari raya idul fitri identik dengan sederet kue kering khas Lebaran yang rasanya lezat. Namun kue-kue Lebaran ini tidak baik dikonsumsi dalam jumlah berlebihan oleh anak Bunda. Pasalnya kue Lebaran biasanya mengandung gula yang banyak. Sehingga tidak sehat untuk gigi Si Kecil. 

Kue Putri Salju, popular cookies for Eid celebrations in Indonesia. Served in small plate in grey background. Selective focus.4 Sajian Khas Lebaran Ini Bahayakan Kesehatan Anak jika Dimakan Berlebihan ./ Foto: Getty Images/iStockphoto/Tyas Indayanti

Kue kering mengandung banyak kalori. Selain itu kue kering Lebaran tidak memiliki nutrisi penting melainkan mengandung banyak gula yang tidak sehat. Kue kering ini sangat tidak sehat untuk orang dewasa, Bunda tentu dapat bayangkan, bagaimana makanan manis ini akan membahayakan anak-anak Bunda. 

Simak penjelasan lain di halaman berikutnya ya Bunda.

Saksikan juga video tentang cara beri tahu anak bahwa Lebaran tak harus punya baju baru.

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN KHAS LEBARAN YANG BERBAHAYA UNTUK ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!