sign up SIGN UP search


parenting

Picu Kelumpuhan Wajah Justin Bieber, Dokter Sebut Herpes Zoster Bisa Dicegah Sejak Kecil

Asri Ediyati   |   Haibunda Selasa, 14 Jun 2022 18:00 WIB
justin bieber caption
Jakarta -

Justin Bieber mengejutkan penggemarnya, dengan mengumumkan bahwa tengah sakit karena virus langka. Melalui media sosial miliknya, Justin menjelaskan bahwa sedang mengalami kelumpuhan di sebagian wajahnya.

"Hai, semuanya. Justin di sini. Aku ingin mengabarkan pada kalian apa yang terjadi. Terlihat jelas, seperti yang kalian lihat di wajahku, aku mengalami sindrom yang disebut Ramsay Hunt," ungkap Justin dalam videonya.

Pria kelahiran 1994 ini menjelaskan bahwa sindrom ini muncul dari virus yang menyerang syaraf dari telinga dan sebagian wajahnya. "Ini dari virus yang menyerang saraf di telinga dan wajahku sehingga wajahku mengalami kelumpuhan," kata Justin.


Kelumpuhan sebagian wajah Justin ini juga ia tunjukkan saat berkedip. Saat itu, hanya mata kirinya saja yang bergerak, sementara bagian kanan tak bisa bergerak. Selain mata, bibir kanannya juga tak bergerak saat ia tersenyum.

"Bagian wajahku sebelah sini tidak bisa ikut tersenyum, lubang hidung ini tidak bergerak, jadi ada kelumpuhan total di bagian wajah sebelah sini," ujarnya.

Penyakit yang dialami Justin ini lantas membuat publik penasaran, termasuk Bubun. Mengenai penyakit ini, dr.Lucky Yogasatria, Sp.A., pun menjelaskan sedikit penyebab dan cara mencegahnya.

Dokter spesialis anak ini menjelaskan dalam videonya, Ramsay Hunt Syndrome, dikatakan syndrome karena memiliki berbagai gejala yang khas, Bunda.

"Yaitu adanya kelumpuhan di separuh wajah yang disertai dengan kemerahan dan bentol yang nyeri. Sindrom ini biasanya menyerang dewasa muda atau anak remaja," ujarnya, dikutip dari akun Instagram-nya @dr.lucky.sp.a.

Penyebab penyakit ini adalah virus Varicella Zooster. Virus ini, disebut dr.Lucky bukan lah virus baru melainkan virus yang sudah lama dan merupakan penyebab penyakit cacar air, Bunda.

Setelah menyerang cacar air, virus Varicella Zooster ini bisa bersembunyi dalam tubuh, diam setengah tidur menunggu sampai imun tubuh rendah lagi.

"Begitu imun tubuh kita rendah lagi, maka dia bisa keluar dengan berbagi bentuk penyakit lain, salah satunya adalah kasus si Justin ini, Ramsay Hunt Syndrome," kata dr.Lucky.

Untuk Bunda ketahui, Ramsay Hunt Syndrome ini ternyata bisa dipicu oleh Herpes Zooster. Kok bisa? Lantas, bagaimana pencegahannya? Jika sudah mengidap penyakit ini bagaimana penyembuhannya? Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Banner Mesin Cuci di Bawah Harga Rp2 JutaBanner Mesin Cuci di Bawah Harga Rp2 Juta/ Foto: Annisa Shofia

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video pertolongan pertama pada anak yang demam usai vaksin:

[Gambas:Video Haibunda]



BISA DIPICU HERPES ZOSTER, INI PENCEGAHAN DAN PENGOBATANNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!