sign up SIGN UP search


parenting

Benarkah Bayi Kuning Dapat Diatasi dengan Sering Dijemur saat Pagi Hari?

Asri Ediyati   |   Haibunda Rabu, 15 Jun 2022 09:10 WIB
Baby sleeps on mother's hands and morning sun ilustrasi menjemur bayi/ Foto: iStock
Jakarta -

Kondisi bayi baru lahir memang bermacam-macam ya, Bunda. Salah satu hal yang sering terjadi dan tak jarang membuat orang tua khawatir, yakni bayi kuning.

Bayi kuning atau jaundice adalah kondisi yang umum dan biasanya tidak berbahaya. Kondisi ini menyebabkan menguningnya kulit dan bagian putih mata bayi. Tak hanya di bagian kulit di mata, gejala lain dari penyakit kuning pada bayi baru lahir dapat ditemukan lewat urine dan kotorannya.

Pada bayi kuning, urine berwarna kuning gelap, urine bayi baru lahir seharusnya tidak berwarna. Lalu, kotoran berwarna pucat, yang seharusnya kuning atau oranye.


Dikutip dari NHS, gejala penyakit kuning pada bayi baru lahir biasanya berkembang 2 hari setelah kelahiran dan cenderung membaik tanpa pengobatan pada saat bayi berusia sekitar 2 minggu.

Banner Mesin Cuci di Bawah Harga Rp2 JutaFoto: Annisa Shofia

Untuk mengatasinya, banyak yang menyarankan untuk bayi agar lebih sering dijemur saat pagi hari, Bunda. Benarkah demikian?

Dokter Yaulia Yanrismet, Sp.A, mengatakan bahwa secara tidak langsung, menjemur matahari dapat menurunkan bilirubin. Namun, secara langsung tidak efektif, Bunda.

"Bilirubin dalam tubuh dapat pecah dengan sinar biru. Sinar biru ini terdapat di matahari, tapi dalam jumlah kecil atau tidak efektif untuk mengatasi kuning," kata Dokter Spesialis Anak Paruh Waktu di RS Hermina Jatinegara ini.

Selain itu, kita tidak dianjurkan untuk menjemur bayi dalam waktu lama. Selain sinar biru, matahari juga terdiri dari sinar ultraviolet (UV) A, UV B, dan inframerah.

Akan tetapi, secara tidak langsung berjemur di bawah sinar matahari dapat membantu mengatasi bayi kuning. Harapannya, menurut dr Yaulia, bayi yang dijemur bisa merasa kehausan, sehingga akan lebih banyak menyusu.

"Seperti diketahui, minum banyak cairan adalah salah satu cara untuk menurunkan kadar bilirubin yang tinggi," tuturnya.

Jika memang disarankan menjemur, HaiBunda sebelumnya pernah membahas tips menjemur bayi. Baca tipsnya di halaman berikut ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video soal tanda bayi masih lapar:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENJEMUR BAYI DENGAN TEPAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!