sign up SIGN UP search


parenting

Jangan Buru-Buru Kasih Obat, Ini 7 Cara Alami Atasi Batuk Pilek pada Anak

Kinan   |   Haibunda Rabu, 15 Jun 2022 18:30 WIB
BUNDA JUGA BISA MEMBERIKAN MAKANAN BERKUAH YANG HANGAT
Anak batuk pilek caption

4. Berikan makanan berkuah

Makanan berkuah, seperti sup kaldu ayam, akan membantu memberikan anak tambahan asupan cairan sekaligus nutrisi. Bunda juga bisa menambahkan sayuran sebagai sumber vitamin dan mineral.

Konsumsi sup yang hangat akan memberi efek melegakan pada tenggorokan dan saluran napas yang terganggu saat batuk pilek.

5. Tinggikan posisi kepala saat tidur

Agar saluran napasnya lebih terbuka dan anak dapat tidur lebih nyaman, atur posisi kepalanya dengan tepat. Tinggikan kepalanya dengan menggunakan tambahan bantal.


Meski begitu, pastikan posisi bantal tidak terlalu tinggi dan sesuaikan dengan kenyamanan Si Kecil.

6. Gunakan minyak esensial

Beberapa produk minyak esensial diketahui berpotensi efektif meredakan batuk pilek anak. Aroma tertentu dapat membantu melegakan saluran napas yang tersumbat.

Bunda juga dapat menggunakan humudifier di kamar tidur anak untuk menambah kelembapan udara. Ini berfungsi untuk mengencerkan lendir, sehingga membantu anak bernapas lebih mudah.

7. Pijatan

Untuk membantu menghangatkan tubuh anak saat dipijat, Bunda dapat mengoleskan balsam atau minyak kayu putih. Setelah itu, pijat terutama di bagian dada, punggung, telapak tangan, dan di bawah kaki.

Perhatikan tekanan saat memijat agar tidak mengganggu kenyamanan anak ya, Bunda. Setelah memijat, Bunda juga dapat memberikan beberapa tetes minyak kayu putih ke bantal anak. Uap minyak kayu putih akan membantu melegakan pernapasan Si Kecil.

(fir/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!