sign up SIGN UP search


parenting

Anak Enggak Suka Makan Buah dan Sayur, Perlukah Suplemen Tambahan? Ini Kata Dokter

Anggi Astuti   |   Haibunda Rabu, 13 Jul 2022 18:30 WIB
ilustrasi anak tidak mau makan buah dan sayur Ilustrasi Anak Enggak Suka Makan Buah dan Sayur, Perlukah Suplemen Tambahan?/Foto: Getty Images/iStockphoto/encrier
Jakarta -

Buah dan sayur sangat bermanfaat untuk kesehatan Si Kecil. Meski begitu, ternyata banyak anak yang justru enggan makan buah dan sayur. Hal itu membuat orang tua seringkali khawatir mengenai gizi anak yang tak terpenuhi.

Umumnya anak tidak suka sayur karena menganggap rasa sayur itu pahit. Sebelumnya mereka hanya mengenal rasa manis dari ASI atau susu formula saja.

Jadi, ketika diberi menu sayur mereka menilai rasanya aneh. Akhirnya berujung pada penolakan terhadap berbagai jenis sayur dan buah.


Padahal sayur dan buah punya banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari melancarkan proses pencernaan sampai mencegah obesitas, Bunda. 

Pentingnya buah dan sayur untuk anak

Buah dan sayur termasuk sumber vitamin dan mineral alami. Keduanya mengandung nutrisi dan serat yang baik bagi tubuh. Sehingga, penting untuk dikonsumsi sebagai menu harian anak.

“Buah dan sayur itu penting banget, karena dua-duanya itu sumber vitamin, mineral, dan serat. Nah, untuk buah itu sumber gula juga, gula buah ya. Sehingga sangat baik kalau kecukupan vitamin dan mineral terpenuhi dari makanan sehari-hari,” kata Dr. dr. Luciana Sutanto, MS., Sp.GK(K), Dokter Spesialis Gizi Klinik saat Live Instagram bersama HaiBunda.

Alangkah baiknya dalam menu harian anak, Bunda menyiapkan buah dan sayur. Pastinya disesuaikan dengan porsi makan Si Kecil. Dianjurkan untuk memberikan buah dan sayur sepertiga dari porsi piring Si Kecil.

“Kalau gizi seimbang itu anjurannya sekitar sepertiga dari porsi piring yang diberikan. Jadi enggak banyak banget tapi enggak sedikit banget,” ujar Luciana.

Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan yang ada pada buah dan sayur bisa melancarkan proses pencernaan. Sering mengonsumsi keduanya bisa mencegah sembelit pada anak. Seperti yang diketahui, penyebab sembelit itu ada dua yakni kekurangan buah dan sayur atau kekurangan air.

Tak hanya itu, manfaat lainnya juga bisa mencegah obesitas pada anak. Kedua jenis makanan tersebut punya kalori yang sangat rendah. Sebaliknya, terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalori tinggi bisa membuat anak mengalami obesitas.

Oleh karenanya, rajin memberikan sayur dan buah untuk anak menjadi sebuah keharusan yang dilakukan para Bunda. Lalu, bagaimana jika anak enggak mau makan sayur dan buah?

Baca di halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video penyebab Si Kecil muntah dan cara mengatasinya:

 

[Gambas:Video Haibunda]



BENARKAH HARUS DIBERI SUPLEMEN TAMBAHAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!