sign up SIGN UP search


parenting

Cara Tepat Ukur Dosis Paracetamol Anak, Jangan Sampai Kelebihan Bun

Kinan   |   Haibunda Rabu, 27 Jul 2022 23:30 WIB
JENIS-JENIS PARACETAMOL UNTUK ANAK
Photo of worried mother taking temperature of her little son who is lying in bed with fever. Mature brown hair mother checking the temperature of her ill 11 years old boy  with thermometer on a couch in the living room at home. Sick boy with thermometer laying in bed and mother hand taking temperature. Mother checking temperature of her sick son who has thermometer. Sick child with fever and illness in bed. caption

Jenis-jenis sediaan paracetamol

Seperti disebutkan sebelumnya, paracetamol memiliki beberapa jenis sediaan. Mulai dari sirup, tablet, hingga supositoria. Nah, masing-masing sediaan ini perlu diberikan dengan tepat supaya efeknya lebih maksimal. Seperti apa?

Sirup

Sebelum diberikan pada anak, kocok botol obat terlebih dahulu setidaknya selama 10 detik. Ukur takaran yang tepat menggunakan wadah atau sendok pengukur khusus. 

Berikan sedikit demi sedikit dan tidak perlu langsung banyak sekaligus, terutama jika rasa obat tersebut kemungkinan kurang disukai oleh anak. Ini mengurangi risiko obat tidak tertelan seluruhnya.


Banner Tips Besarkan Anak Autisme

Tablet

Obat sediaan tablet harus ditelan dengan minum air putih sesudahnya. Beritahu anak untuk tidak mengunyah tablet tersebut.

Jika menggunakan tablet larut, masukkan ke dalam segelas air dan aduk untuk memastikan seluruhnya larut sebelum diberikan pada anak.

Apabila anak masih kesulitan menelan obat tablet, Bunda dapat menghancurkannya terlebih dahulu untuk mempermudah proses menelan.

Supositoria

Paracetamol sediaan supositoria digunakan dengan cara dimasukkan dengan perlahan melalui lubang anus. Untuk jenis obat ini, selalu ikuti petunjuk pada kemasan obat ya, Bunda.

Peringatan tentang paracetamol untuk anak

Jangan berikan anak lebih dari 4 dosis paracetamol dalam 24 jam. Bunda dapat memberikan paracetamol untuk anak setiap 4 -6 jam. 

Demikian ulasan tentang paracetamol untuk anak dan hal-hal yang perlu diperhatikan. Ingat ya Bunda, maksimal pemberian paracetamol untuk anak umumnya 3 hari. 

Apabila setelah itu gejala sakit pada anak belum mereda, lakukan pemeriksaan lagi ke dokter. Ini untuk menghindari kemungkinan anak meminum terlalu banyak paracetamol.

(fir/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!