sign up SIGN UP search

parenting

5 Artis Tanah Air yang Besarkan Anak Autisme, Dian Sastrowardoyo hingga Anji

Annisa A   |   Haibunda Rabu, 03 Aug 2022 07:30 WIB
Dian Sastrowardoyo 5 Artis Tanah Air yang Besarkan Anak Autisme, Dian Sastrowardoyo hingga Anji / Foto: Instagram
Jakarta -

Membesarkan anak dengan gangguan spektrum autisme atau ASD tentu bukanlah hal yang mudah. Diperlukan kesabaran ekstra dan hati yang lapang untuk mendorong tumbuh kembang Si Kecil.

Penyandang autisme mengalami gangguan yang membuat tumbuh kembang mereka sedikit terhambat. Autisme ditandai dengan afeksi perilaku dan komunikasi yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk menavigasi interaksi sosial dan juga menyebabkan perilaku berulang dan terbatas.

Seseorang dengan kondisi autisme dan mereka yang mengalami gangguan kesehatan mental perlu mendapatkan penanganan khusus dari ahlinya.


Meski begitu, mereka yang memiliki kondisi autisme dan gangguan kesehatan mental tidak perlu ditakuti. Mereka sama seperti kita, manusia yang berhak menjalani kehidupan masyarakat.

Nah, peringatan Hari Autisme Sedunia yang dirayakan setiap 2 April dideklarasikan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan tujuan untuk menyoroti kebutuhan untuk membantu meningkatkan kualitas hidup penyandang autisme. Sehingga, mereka bisa menjalani kehidupan yang penuh dan bermakna sebagai bagian integral dari masyarakat, Bunda.

Bicara soal autisme, ada deretan artis Indonesia yang ternyata merupakan orang tua hebat dari anak penyandang autisme. Mulai dari Dian Sastrowardoyo hingga Anji. Untuk selengkapnya, yuk baca kisah deretan Bunda dan Ayah hebat di bawah ini:

1. Dian Sastrowardoyo

Anak Dian Sastrowardoyo, yang bernama Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo, mengidap autisme. Bintang film Ada Apa Dengan Cinta? ini bercerita awal mula ia mengetahui anak sulungnya itu autis.

Jadi, saat usia enam bulan, Shailendra sudah sekolah. Ternyata, si sulung kelahiran 17 Juli 2011 itu tidak tertarik kegiatan yang diarahkan gurunya. Setiap ingin menunjukkan sesuatu, lanjut Dian, sang anak selalu menarik tangannya.

Ya, itu merupakan gangguan pada kemampuan dan motorik anak, termasuk tidak bisa meniup lilin. Sementara itu, soal kontak mata, Dian memperhatikan sang anak jarang berkontak mata dengannya dan lebih fokus pada apa yang dia lakukan sendiri.

Itulah yang membuat Dian dan sang suami, Maulana Indraguna Sutowo, menyadari kalau perkembangan Shailendra berbeda dengan teman-temannya di sekolah. "Dari tujuh ciri yang saya lihat, di anak saya ada semuanya," kata Dian Sastrowardoyo.

Putranya pun menjalani terapi okupasi, perilaku, dan wicara. Kabar baiknya, dengan intervensi lebih awal, di umur 6 tahun, anaknya dianggap tidak memerlukan terapi lagi, Bunda.

Baca juga kisah artis lain yang memiliki anak penyandang autisme di halaman berikutnya, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga tanda awal anak mengalami autisme:

[Gambas:Video Haibunda]



FERDY HASAN DAN CINDY FATIKASARI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!