sign up SIGN UP search


parenting

Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami Agar Si Kecil Enggak Rewel di Malam Hari

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 02 Aug 2022 18:15 WIB
Anak batuk pilek Cara Alami Mengeluarkan Dahak Agar Si Kecil Tidak Rewel/Foto: iStockphoto
Jakarta -

Paling rewel untuk anak-anak adalah jika batuk dengan dahak ya, Bun. Dahak biasanya muncul ketika seseorang sedang batuk atau flu.

Dahak sendiri dapat terjadi karena infeksi bakteri atau virus. Dahak di tenggorokan sangat mengganggu dan membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Banyak cara dicoba untuk mengeluarkan dahak yang membandel, mulai dari penggunaan obat-obatan hingga menggunakan bahan-bahan tertentu. Namun, ada lho cara mengeluarkan dahak secara alami. 


Banner Berat Ideal JaninFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

Cara alami mengeluarkan dahak

Kita coba yuk, Bun cara-cara berikut yang ampuh untuk diterapkan pada Si Kecil dan keluarga.

1. Hirup uap adalah cara alami mengeluarkan dahak

Menghirup uap air hangat dapat membantu untuk mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan. Cara yang satu ini juga dapat membantu Bunda melegakan pernapasan atau hidung tersumbat ketika sedang flu.

Langkah yang harus Bunda lakukan dengan cara ini hanyalah mengisi wadah dengan air hangat dan hiruplah uap yang menguar. Untuk mendapat uap yang bisa menghancurkan dahak bisa Bunda tambahkan tetesan minyak telon dan kemudian dihirup uapnya.

2. Ramuan minuman madu dan lemon

Obat herbal yang dapat Bunda coba untuk mengeluarkan yaitu ramuan antara madu dan lemon. Madu memiliki sifat anti-bakteri dan anti-peradangan yang sangat efektif sebagai cara mengeluarkan dahak alami pada anak di tenggorokan.

Caranya adalah siapkan segelas air hangat, lalu campurkan dengan air perasan lemon secukupnya, dan sesendok madu. Minum secara rutin sesuai kebutuhan Bunda hingga dahak dapat hilang secara perlahan.

3. Kumur air garam

Cara lain untuk mengeluarkan dahak secara alami adalah dengan air garam.

Caranya, siapkan satu gelas kecil air hangat, lalu campurkan dengan setengah sendok teh garam. Aduk secara merata, kemudian kumur-kumur di mulut dengan posisi kepala mendongak agar bisa terkena di bagian tenggorokan.

4. Air jahe bisa mengeluarkan dahak secara alami

Jahe merupakan salah satu rempah yang memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan, tidak terkecuali untuk menghilangkan dahak.

Cara mengeluarkan dahak alami dengan ramuan herbal yang satu ini adalah Bunda hanya perlu mencampurkan beberapa potongan jahe ke dalam minuman hangat favorit seperti teh atau hanya dengan air rebusan biasa.

5. Bawang dan lobak

Selain dengan ramuan minuman, Bunda juga dapat membuat makanan untuk mengeluarkan dahak secara alami sebagai pendamping. Lobak dapat diolah sebagai obat pengencer dahak hingga menyembuhkan flu dan batuk serta mengatasi radang tenggorokan.

Langkah yang harus Bunda lakukan adalah cukup dengan menambahkan lobak ke dalam sup atau masakan secara bervariasi.

6. Gunakan humidifier sebagai cara alami mengeluarkan dahak

Penggunaan humidifier saat tidur dapat membantu Bunda untuk memperlancar pernapasan, membersihkan udara dari debu hingga kuman. Nah, cara ini juga dapat membantu Si Kecil mengeluarkan dahak secara alami ketika bangun tidur lho, Bun.

Makanan dan minuman yang harus dihindari

Setelah tadi dibahas tentang cara alamai mengeluarkan dahak, nah sekarang mari kita bahas tentang makanan dan minuman yang harus Bunda hindari ketika sedang batuk berdahak agar tidak semakin parah.

1. Produk olahan susu

Produk olahan susu seperti keju, yogurt, dan turunannya dapat meningkatkan produksi lendir dan nantinya menambah bandel batuk yang ada. Agar dahak tidak semakin menumpuk dan membandel, maka sebaiknya hindari produk-produk olahan susu untuk sementara ya, Bun.

2. Soda

Soda memiliki kandungan gula dan kafein yang juga sebaiknya dihindari penderita batuk berdahak karena dapat menyebabkan tenggorokan terasa gatal dan dahak membandel susah dikeluarkan.

3. Gorengan

Hindari makanan-makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan. Makanan berminyak dapat merangsang dan memperparah batuk hingga mengakibatkan tenggorokan terasa kering dan menimbun banyak dahak.

Demikian pemaparan singkat tentang cara mengeluarkan dahak alami hingga beberapa makanan dan minuman yang harus Bunda dan Si Kecil hindari agar kembali sehat! Semoga bermanfaat ya, Bun. (PK)

Simak juga video berikut mengenai ciri anak yang tidak nyaman saat berada di sekolah. Haruskah pindah sekolah, Bun

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!