sign up SIGN UP search


parenting

Ini 3 Pijatan yang Bisa Redakan Batuk Pilek Anak Secara Alami

Anggi Astuti   |   Haibunda Sabtu, 06 Aug 2022 04:00 WIB
Ini 3 Pijatan yang Bisa Redakan Batuk Pilek Anak Secara Alami Ini 3 Pijatan yang Bisa Redakan Batuk Pilek Anak Secara Alami. Foto: Getty Images/iStockphoto/patchanan promunat
Jakarta -

Batuk pilek menjadi salah satu penyakit yang paling sering dialami anak-anak. Masalah kesehatan yang satu ini bisa membuat Si Kecil merasa tidak nyaman ya, Bunda.

Apalagi biasanya batuk pilek disertai dengan adanya dahak di tenggorokan dan lendir di area hidung. Aktivitas Si Kecil pun jadi terganggu. Belum lagi kalau diikuti dengan gejala pusing dan demam.

Apakah anak Bunda sering mengalami batuk pilek? Penyakit ini memang sering menyerang anak-anak. Hal itu disebabkan karena sistem pertahanan tubuh anak belum berkembang secara matang.


Diibaratkan seperti sekolah, sistem pertahanan tubuh anak masih pada tahap belajar. Belum mencapai tahapan seperti pada orang dewasa. Sehingga, sistem pertahanan tubuhnya belum bisa membunuh kuman yang masuk.

Tak heran kalau Bunda sering mendapati anak terkena batuk pilek. Biasanya lebih sering menyerang saat musim penghujan tiba.

Penyebab anak rentan terkena batuk pilek

Penyebab masalah kesehatan yang satu ini cukup beragam. Bisa jadi karena infeksi virus, infeksi bakteri, bahkan paparan polusi atau asap rokok.

“Batuk pilek paling sering disebabkan infeksi saluran pernapasan atas karena mikroorganisme, dan juga virus. Sejauh ini, kedua penyebab batuk inilah yang paling banyak ditemukan pada pasien anak saat berobat ke dokter,” kata dr. Mira Dewita Sp.A, dokter spesialis anak purna waktu di RS Hermina Jatinegara.

Tak hanya infeksi pada saluran pernapasan atas Bunda. Infeksi saluran pernapasan bawah pun bisa menjadi penyebab batuk pilek. Hanya saja, kasus yang lebih banyak terjadi ialah infeksi saluran pernapasan atas.

“Anak dikatakan baik-baik saja bila dalam setahun tidak lebih dari 8-12 kali mengalami batuk pilek,” jelasnya.

Pijat yang bisa redakan batuk pilek

Kalau Bunda tak ingin terlalu sering memberikan obat-obatan, sebenarnya ada beberapa cara alami lainnya untuk bisa meredakan batuk pilek pada anak. Salah satunya dengan cara memberikan pijatan.

Pijat ini bisa Bunda praktikan di rumah dengan tetap memperhatikan kondisi Si Kecil ya, Bunda. Lakukan dengan cara selembut mungkin. Jika Si Kecil menunjukkan gerak-gerik ketidaknyamanan baiknya hentikan sejenak.

Baca di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video perhatikan hal ini jika memilih sekolah untuk anak dengan speech delay:

[Gambas:Video Haibunda]



PIJATAN YANG BISA REDAKAN BATUK PILEK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!