sign up SIGN UP search


parenting

3 Peralatan MPASI yang Wajib Dimiliki Bayi saat Pertama Kali Makan

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 07 Aug 2022 04:00 WIB
Healthy baby food on white wooden table, closeup 3 Peralatan MPASI, Wajib Dimiliki Bayi saat Pertama Kali Makan/Foto: Getty Images/iStockphoto/Liudmila Chernetska
Jakarta -

MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) mulai diberikan untuk akan pada saat anak berusia 6 bulan. Mengapa MPASI harus diberikan untuk anak pada saat usia tersebut?

Ini karena jika MPASI diberikan pada anak terlalu dini akan menimbulkan beberapa risiko yang terjadi. Salah satunya masalah saluran pencernaan karena bayi di bawah usia 6 bulan belum memiliki saluran yang sempurna. Sehingga dikhawatirkan organ pencernaan anak akan bekerja lebih keras atau ekstra untuk mengolah makanan padat sehingga dapat menimbulkan gangguan.

Sebaliknya, jika Si Kecil diberikan MPASI lebih dari usia 6 bulan bisa menyebabkan kebutuhan gizi anak tidak terpenuhi. Ini dapat mengakibatkan risiko mengganggu tumbuh kembang anak termasuk tingkat kecerdasannya.


Banner FOKUS MenyusuiFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

Maka itu MPASI harus dilakukan tepat pada waktu yang disarankan. Sehingga tumbuh kembang dan gizi anak terpenuhi. Selain itu, Bunda pun jadi bisa menyalurkan hobi dengan variasi menu MPASI.

Namun, sebelumnya Bunda bisa nih mencari beberapa peralatan dasar MPASI yang wajib dimiliki. Ketiganya bisa Bunda cari di toko terdekat, pasar, atau pun membeli secara online.

Peralatan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu)

Siap mencatat apa saja barang-barang MPASI, Bun? Ini dia 3 peralatan MPASI yang dibutuhkan bayi saat pertama kali makan.

Peralatan MPASI 1: Alat penghalus makanan

Untuk bayi seperti bayi yang berumur 6 bulan yang baru mulai untuk belajar makan disarankan untuk makanan dengan tekstur yang menyerupai ASI. Namun, tekstur tersebut tidak boleh terlalu cair dan tidak terlalu padat.

Sebagai patokan cobalah untuk mengambil satu sendok MPASI yang sudah Bunda buat. Kemudian balik sendok tersebut. Apabila makanan cepat jatuh, maka teksturnya terlalu cair.

Alat penghalus makanan bisa membuat Bunda membentuk tekstur yang sesuai dengan kebutuhan usia anak. Alat macam ini juga membantu Bunda lebih cepat dalam mempersiapkan menu dibanding harus menumbuk secara manual.

Peralatan MPASI 2: Food Container

Food container atau bisa disebut kotak penyimpan makanan ini cocok digunakan untuk menyimpan makanan pendamping ASI. Makanan yang sudah dicuci bersih dan dimasukkan ke food container, kemudian simpan di dalam lemari pendingin.

Beberapa pakar gizi menyarankan agar Bunda hanya cukup masak satu menu untuk tiga kali makan. Menu yang sudah masak, langsung Bunda bagi di tiga kontainer berbeda, dan masukkan ke kulkas.

Sedangkan untuk Bunda pekerja, disarankan untuk menyiapkan bahan-bahan makanan sejak malam hari, dan simpan di dalam kulkas. Semua bahan tersebut kemudian diolah di pagi harinya dan masukkan hasilnya ke tiga kontainer berbeda. Dengan begitu, hasil makanan akan lebih segar dan terjaga jumlahnya hingga sore hari. Jangan lupa juga siapkan untuk snack ya, Bun di antara tiga waktu makan tersebut.

Peralatan MPASI 3: Penghangat makanan

Setelah Bunda melihat poin kedua maka terlihat ya jika Bunda membutuhkan penghangat makanan. Tidak perlu yang mahal kok, Bun yang penting bisa digunakan untuk menghangatkan makanan untuk Si Kecil.

Terpenting adalah bahan yang digunakan untuk penghangat makanan ya, Bun. Jangan sampai mengandung bahan beracun yang bisa mencemari makanan.

Itulah peralatan MPASI yang dimiliki oleh Bunda yang sedang mempersiapkan makanan untuk Si Kecil. Jangan lupa berkreasi ya, Bun dan jadikan saat makan adalah waktu yang menyenangkan. Selamat mencoba, Bun! (PK)

Simak juga video berikut mengenai resep bubur udang buncis.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!