sign up SIGN UP search


parenting

10 Menu MPASI 6 Bulan Pertama Simple dan Kaya Nutrisi, Catat Resepnya Bun

Meita Fajriana   |   Haibunda Selasa, 20 Sep 2022 21:19 WIB
Ilustrasi bayi MPASI Ilustrasi 10 Menu MPASI 6 Bulan Pertama Simple dan Kaya Nutrisi, Catat Resepnya Bun. Foto: Getty Images/iStockphoto/yamasan
Jakarta -

Saat bayi berusia 6 bulan, Si Kecil sudah dapat diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau biasa disingkat MPASI. Untuk memberikan MPASI, Bunda perlu mengetahui bahwa sebaiknya diberikan dengan menu lengkap, menjalankan aturan makan dengan baik, dan tetap harus disertai dengan pemberian ASI Bunda.

Melansir laman NHS, pemberian MPASI saat bayi berusia 6 bulan dianjurkan karena sesuai dengan kebutuhan nutrisi tumbuh kembangnya. Pada usia tersebut, kebutuhan tubuh bayi sudah mulai meningkat dan tidak cukup hanya mengkonsumsi ASI saja.

"MPASI berfungsi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian bayi dan dengan mengkonsumsi makanan padat. Kemampuan bayi selama mengkonsumsi MPASI juga dapat berguna untuk melatih otot-otot di mulut dan keterampilan motorik untuk tumbuh kembangnya," kata Harvey Nguyen dokter keluarga yang berbasis di California, Amerika Serikat dikutip dari laman Verywell Family.


Menu MPASI 6 Bulan Pertama Simple

Nah, jika Bunda sedang mencari referensi menu MPASI 6 bulan pertama yang simple, simak terus penjelasannya yuk Bunda. Berikut 10 menu MPASI 6 bulan pertama simple seperti dilansir berbagai sumber:

1. Bubur ikan salmon

Bunda bisa membuat bubur ikan salmon dengan mudah. Cukup tumis bumbu seperti bawang putih, wortel, dan ikan salmon dengan minyak secukupnya.

Tambahkan air dan tunggu hingga mendidih dan wortel menjadi lunak. Setelah itu tambahkan nasi ke dalamnya dan masak hingga menjadi bubur.

Karena bayi baru memulai MPASI sesuaikan teksturnya ya. Bunda bisa menghaluskan bubur ikan salmon menggunakan saringan atau blender. 

2. Telur orak arik

Siapkan bubur nasi, masukkan telur orang arik dan brokoli yang sudah dikukus ke dalamnya. Haluskan agar teksturnya sesuai dengan kemampuan bayi dan mudah dicerna. Tambahkan parutan keju untuk menambahkan cita rasa ya, Bunda.

3. Bubur daging brokoli

Tumis bumbu bawang merah dan bawang putih, masukkan daging. Tumis hingga matang, lalu tiriskan. Setelah itu kukus brokoli dan tiriskan. Masak bubur kemudian campur dengan tumisan daging dan brokoli kukus. Terakhir haluskan dan makanan siap disajikan untuk Si Kecil. 

4. Bubur ayam pelangi

Buatlah bubur dengan potongan ayam. Tambahkan wortel dan buncis untuk memberikan nuansa warna-warni pada buburnya. Kemudian terakhir haluskan ya, Bunda.

5. Bubur seafood

Siapkan udang dan cumi-cumi kemudian rebus dengan daun bawang dan bawang putih. Tambahkan nasi putih dan bayam, terakhir haluskan sesuai dengan tekstur MPASI untuk bayi 6 bulan.

Simak penjelasan lain di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Tonton juga video penyebab anak 7-12 bulan susah naik berat badan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MENU MPASI SIMPLE UNTUK BAYI 6 BULAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!