sign up SIGN UP search


parenting

3 Manfaat Senam Lantai untuk Kesehatan Anak

Meita Fajriana   |   Haibunda Kamis, 15 Sep 2022 21:56 WIB
3 Manfaat Senam Lantai untuk Kesehatan Anak Ilustrasi 3 Manfaat Senam Lantai untuk Kesehatan Anak. Foto: Getty Images/iStockphoto/Phoenixns
Jakarta -

Aktif bergerak sangat baik untuk tubuh Si Kecil. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan anak adalah senam lantai, Bunda.

Ada banyak manfaat senam lantai untuk kesehatan anak. Selain itu, senam lantai juga menyenangkan dan digemari anak-anak Bunda. 

Lantas apa saja fungsi senam lantai untuk anak? Fungsi senam lantai untuk kesehatan sangat beragam, tidak heran jika saat ini aktivitas fisik ini semakin digemari oleh anak-anak. Sudah tahu apa saja fungsi senam lantai, Bunda?


Apa itu senam lantai?

Untuk lebih memahaminya, mari kita pelajari dulu pengertian dan jenis-jenis gerakan senam lantai yuk Bunda.

Melansir laman Mom Junction, senam termasuk olahraga lantai berupa jenis gerakan yang mencakup kombinasi dari semua latihan kekuatan, kecepatan, kekuatan, koordinasi, fleksibilitas, dan keseimbangan.

Beberapa contoh senam lantai untuk anak misalnya adalah candle stand, roll depan atau belakang, kayak, plank, push up, sit up, cartwheel, dan handstand.

Diyakini dengan rutin melakukan senam, kedisiplinan yang diterapkan dapat terbawa ke dalam gaya hidup anak-anak kelak saat beranjak remaja.

Manfaat senam lantai untuk kesehatan anak

Bukan hanya berguling banyak gerakan yang dipelajari anak saat senam lantai. Hal ini berpengaruh pada kesehatannya. Yuk cari tahu apa saja fungsi senam lantai untuk tumbuh kembang anak.

1. Melatih koordinasi fisik

Melakukan senam secara teratur, termasuk senam lantai, memiliki manfaat dan fungsi kesehatan bagi anak-anak segala usia. Salah satunya membantu mengembangkan koordinasi fisik yang sangat baik dan menjaga kesehatan tubuh.

Bila otot dan tubuh rutin berolahraga, dalam jangka panjang manfaatnya juga dapat mencegah penyakit jantung bahkan masalah yang berkaitan dengan usia, seperti pengeroposan tulang.

2. Membentuk dasar fisik untuk olahraga

Seperti disebutkan sebelumnya, latihan lantai fokus pada semua aspek olahraga, dari fisik hingga psikologis. Latihan ini juga dipercaya dapat membangun kekuatan dan kelenturan fisik, serta berkontribusi pada ketangguhan mental anak.

Simak manfaat lainnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Tonton juga video tips olahraga untuk balita menurut dokter berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT SENAM LANTAI UNTUK KESEHATAN ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!