sign up SIGN UP search


parenting

5 Perkembangan Sosial dan Kemandirian Anak Usia 2-3 Tahun, Perhatikan Bun!

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 16 Sep 2022 22:25 WIB
Ilustrasi anak bermain alat musik pukul Triangle caption
Jakarta -

Pada usia 2 hingga 3 tahun, anak biasanya sudah bisa berbicara, berjalan, memanjat, melompat, berlari, dan sibuk dengan berbagai macam hal, Bunda. Tak hanya itu, kosa katanya juga semakin bertambah.

Tanpa Bunda sadari, Si Kecil juga mulai mengerti perbedaan berbagai macam warna dan bentuk. Di usia ini, mereka juga mulai risih dengan popok dan mulai tertarik untuk belajar menggunakan toilet.

Tak hanya perkembangan bahasa dan kreativitasnya, usia 2 hingga 3 tahun juga menjadi usia di mana Si Kecil mendapatkan berbagai perkembangan dalam segi sosial dan kemandiriannya.


Perkembangan sosial dan kemandirian anak usia 2-3 tahun

Melansir dari berbagai sumber, ada beberapa perkembangan sosial dan kemandirian yang terlihat pada anak usia 2 hingga 3 tahun nih, Bunda. Kalau penasaran, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya.

1. Perasaan

Usia 2 hingga 3 tahun merupakan usia di mana anak mulai mengalami perkembangan dalam segi emosional dan perasaan, Bunda. Anak akan mengalami banyak emosi sambil belajar tentang perasaan orang lain.

Melansir dari laman Raising Kids, tantrum adalah hal yang wajah dilakukan anak di usia ini. Hal ini karena anak seringkali tidak tahu bagaimana mengungkapkan kata-kata untuk emosi besar seperti frustrasi, marah, malu, dan menyesal.

Tak hanya itu, Si Kecil juga akan memahami bagaimana perilaku mereka mempengaruhi emosi Bunda dan bagaimana perilaku Bunda mempengaruhi mereka.

2. Bermain dan belajar

Bermain adalah hal yang penting bagi anak karena begitulah caranya belajar. Si Kecil yang senang bermain dengan orang lain, bermain berdandan, mengadakan pesta teh, melukis dengan jari atau kuas, bahkan bermain yang kemudian seolah-olah terjatuh.

Ketika anak bermain dengan Bunda atau anak-anak lainnya, Bunda akan menemukan bahwa anak menjadi lebih baik dalam bergiliran. Tak hanya itu, anak juga akan merasa senang ketika mendongeng, menyanyi, membaca. 

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat perkembangan sosial dan kemandirian anak usia 2 hingga 3 tahun lainnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa lihat juga video cara mengatasi tantrum di depan umum:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
PERKEMBANGAN SOSIAL DAN KEMANDIRIAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!