sign up SIGN UP search


parenting

5 Contoh Toleransi yang Bisa Diajarkan ke Si Kecil

Nanie Wardhani   |   Haibunda Rabu, 21 Sep 2022 20:30 WIB
ilustrasi anak sekolah Ilustrasi 5 Contoh Toleransi yang Bisa Diajarkan ke Si Kecil/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ibigfish

Hidup di lingkungan yang memiliki banyak perbedaan suku, ras, agama, membuat Si Kecil perlu menerapkan sikap toleransi sejak dini.

Sikap toleransi perlu dipupuk sejak dini untuk menghargai berbagai perbedaan yang ada dan bisa dimulai dari contoh toleransi yang bisa Bunda kenalkan.

Dikutip dari laman resmi Sumber Belajar Kemdikbud, toleransi adalah sikap menghargai dan menghormati perbedaan antar sesama manusia. Itu terjadi karena manusia diciptakan berbeda-beda.


Contoh toleransi

Untuk itu, perlu adanya contoh sikap toleransi yang nantinya bisa Si Kecil terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah contoh-contohnya.

1. Bergaul tanpa membeda-bedakan agamanya

Si Kecil perlu bergaul dan bersosialisasi tanpa membeda-bedakan latar belakang suku, ras, dan agama teman-temannya. Ini akan bermanfaat sehingga ia bisa bekerja sama dengan berbagai orang dari latar belakang yang berbeda.

2. Menghormati perayaan hari besar agama lain

Tidak jarang, kita menemukan ada banyak kasus rasisme yang terjadi bahkan pada anak-anak. Nah, contoh toleransi yang paling bisa dilihat adalah bagaimana Si Kecil bisa menghormati perayaan hari besar agama lain.

3. Memberi rasa aman

Jika ada teman-temannya yang dirundung karena berbeda, Si Kecil bisa menjadi orang pertama yang menegur dan memberi rasa aman. Sehingga siapa pun akan merasa nyaman berteman dengan Si Kecil.

4. Menghargai pendapat orang lain

Seringkali, pendapat sesama anak-anak masih belum bisa diterima dengan baik. Akhirnya bisa menjadi keributan dan memecah pertemanan. Si Kecil bisa menghargai pendapat orang lain dan tidak memaksakan kehendaknya.

5. Menolong sesama

Nah, ini yang paling penting Bunda. Salah satu contoh toleransi yang paling penting tapi sering dilupakan adalah menolong sesama. Menjadikan pribadi Si Kecil gemar menolong sesama akan sangat bermanfaat hingga ia tumbuh sebagai seorang yang dewasa.

6. Tidak menjelek-jelekkan orang dan latar belakangnya

Yang terakhir, agar Si Kecil tidak tumbuh sebagai perundung, ia perlu dididik untuk tidak menjelek-jelekkan orang lain atau latar belakangnya. Jangan sampai Si Kecil jadi perundung ya, Bunda.

Itulah enam contoh toleransi untuk Si Kecil. Lalu bagaimana cara mengajarkan toleransi kepada Si Kecil sejak dini? Lanjut simak di halaman berikut Bunda.

Yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



 

CARA MENGAJARKAN TOLERANSI KEPADA SI KECIL SEJAK DINI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!