sign up SIGN UP search


parenting

Anak Susah Makan Bikin Bunda Pusing, Coba Atasi dengan 5 Cara Ini

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 26 Sep 2022 15:45 WIB
Asian baby boy and his parent eating noodle at kitchen table at home. caption
Jakarta -

Banyak orang tua merasa frustrasi karena anak susah makan nih, Bunda. Kadang hal ini dipicu karena hal-hal kecil, seperti adanya sayuran di piring mereka atau ada makanan lain yang tidak disukai anak.

Ketika anak menolak untuk makan, hal pertama yang terlintas dalam benak Bunda mungkin karena mereka picky eater. Picky eater sendiri merupakan istilah yang digunakan pada orang yang menolak makanan jenis tertentu selama berulang-ulang.

Apapun masalahnya, Bunda tidak boleh memaksakan anak untuk makan. Namun, Bunda perlu tahu alasan mengapa mereka menolak untuk makan.


Cara mengatasi anak susah makan

Jangan putus asa ketika anak susah makan ya, Bunda. Ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi anak yang susah makan. Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

1. Batasi penggunaan gadget saat makan

Membiarkan Si Kecil makan sambil bermain tablet, smarthphone, atau menonton TV ternyata bisa menyebabkan mereka kehilangan selera makan, Bunda. Dengan membuat anak fokus pada makanan, percakapan, dan ikatan keluarga, mereka jadi lebih mudah untuk makan.

Tak hanya itu, pastikan area tempatnya makan sangat santai dan setiap orang di ruangan juga menikmati makanannya, ya. Bunda bisa gunakan kursi yang pas sehingga anak merasa nyaman.

2. Sajikan porsi makan yang sesuai

Mungkin masalah anak susah makan bukan ada pada mereka, melainkan karena makanan yang Bunda sajikan dipiringnya. Hal yang perlu diingat adalah anak tidak membutuhkan makanan sebanyak orang dewasa, Bunda.

Bunda tidak perlu menyajikan terlalu banyak makanan di piringnya sehingga makanannya tidak habis. Ini bukan karena mereka tidak ingin makan, tetapi karena perut mereka sudah kenyang.

Portrait of Asian little kid holding a cup of milk in kitchen at home. Young preschool cute child girl or daughter stay home with smiling face, feel happy enjoy drinking milk and then look at camera.Anak minum susu/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis

3. Hilangkan stres saat makan

Memaksa, menekan, dan meneriaki anak saat makan tidak akan membantu mereka jadi lahap, Bunda. Begitu juga ketika mereka marah atau mulai menangis.

4. Pahami gaya makan anak

Gaya makan setiap anak tentu berbeda-beda. Jadi, Bunda mungkin perlu beberapa waktu untuk memahaminya. Misalnya saja anak menolak makan saat makan malam karena mereka sudah banyak makan di waktu sarapan atau makan siang.

5. Kurangi makan dan minum di luar waktu makan

Beberapa anak akan menolak untuk makan ketika mereka sudah terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman ringan di siang hari. Perlu diingat kembali, Si Kecil memiliki perut yang kecil sehingga membuat mereka cepat kenyang.

Jadi, kalau Bunda tidak ingin anak menolak makan, Bunda harus mencegahnya mengemil seperti semangkuk kudapan atau minum susu formula, yang bisa menyebabkan mereka kenyang lebih awal sebelum makan malam.

Susu formula memang bisa memberi anak nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang. Namun, Bunda bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar Si Kecil mendapatkan susu formula yang sesuai dengan kondisinya.

Kalau ingin, Bunda bisa melihat beberapa referensi susu formula yang cocok untuk anak. Klik baca halaman berikutnya untuk melihat deretannya, ya!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa saksikan juga video aturan jika Bunda ingin tambahkan susu formula pada bayi ASI berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
REKOMENDASI SUSU FORMULA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!