sign up SIGN UP search

parenting

5 Cara Memandikan Bayi Baru Lahir, Bunda Perlu Tahu

Asri Ediyati   |   Haibunda Kamis, 27 Oct 2022 21:05 WIB
5 Cara Memandikan Bayi Baru Lahir, Bunda Perlu Tahu caption
Jakarta -

Memandikan bayi baru lahir memang menjadi momen yang menyenangkan hati para orang tua baru. Namun, di sisi lain juga menegangkan karena badan mereka yang sangat kecil dan terlihat ringkih. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Mandi merupakan sebuah rutinitas. Akan tetapi untuk bayi baru lahir, mandi tidak mesti pagi-pagi atau pun dua kali sehari. Frekuensi dan jadwal mandi bayi sepenuhnya menyesuaikan kebutuhan.

Misalnya, hindari memandikan bayi baru lahir segera setelah menyusui. Sebaiknya biarkan makanannya turun sedikit lebih dulu atau hindari mandi ketika bayi terlalu lelah.


Selain hal tersebut, dokter anak Gina Posner, M.D., F.A.A.P. mengatakan bahwa pada awalnya, orang tua hanya perlu memandikannya dengan lap basah sampai tali pusarnya terlepas, yang biasanya terjadi sekitar satu sampai tiga minggu setelah lahir. Demikian dilansir laman What to Expect.

Cara memandikan bayi baru lahir

Di samping hal yang telah disebutkan di atas, Posner juga mengingatkan bahwa orang tua juga perlu periksa suasana hati Si Kecil. "Anda harus menunda mandi jika bayi Anda lapar, rewel, atau sakit perut — itu tidak baik bagi siapa pun yang terlibat," kata Posner.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan segala perlengkapan mandi bayi baru lahir. Setelah mengumpulkan perlengkapan, ikuti langkah-langkah ini, Bunda:

1. Kondisikan tempat bayi mandi

Pilih ruangan yang hangat, sekitar 25 derajat Celsius untuk mandi, kemudian lepaskan pakaian dan popok bayi.

Baringkan bayi di permukaan yang datar, seperti lantai, meja ganti, meja di samping wastafel, atau tempat tidur. Jika khawatir bayi terjatuh, gunakan pengaman atau pegang dengan satu tangan setiap saat untuk memastikan mereka tidak jatuh.

2. Buka satu bagian yang akan dimandikan

Buka handuk satu bagian pada satu waktu untuk mengekspos hanya area tubuh yang dimandikan. Mulailah dari wajah dan bagian atas kepala bayi.

Pertama-tama celupkan kain bersih ke dalam air hangat. Gunakan hanya air hangat tanpa sabun untuk langkah ini agar sabun tidak masuk ke mata atau mulut bayi. Usap bagian atas kepala dan sekitar telinga luar, dagu, dan lipatan leher.

Baca kelanjutannya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Normalkah kaki bengkok pada bayi baru lahir? Simak penjelasannya dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
PERHATIKAN KEBERSIHAN AREA GENITAL HINGGA MENGERINGKAN KULIT BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!