sign up SIGN UP search


parenting

Mengenal Metode Observasi: Pelajari Jenis, Ciri-ciri, Keuntungan & Kerugian

Asri Ediyati   |   Haibunda Senin, 14 Nov 2022 22:15 WIB
Anak-anak melakukan observasi caption

Metode observasi adalah suatu metode pengumpulan data yang mana seseorang, biasanya terlatih, mengamati subjek fenomena dan mencatat informasi tentang karakteristik fenomena. Perlu diketahui bahwa, sains dimulai dengan observasi dan juga menggunakan observasi untuk validasi akhir temuan. Observasi cukup sering digunakan dalam ilmu-ilmu sosial dan dilengkapi dengan wawancara dan studi catatan.

Observasi dianggap sebagai metode klasik penyelidikan ilmiah. Observasi melibatkan penyelidikan mengamati subjek atau situasi penelitian.

Metode observasi pengumpulan data adalah salah satu yang tertua dan teknik ini digunakan oleh para ilmuwan dan ilmuwan sosial.


Apa Itu Observasi

Dikutip dari penelitian yang diterbitkan di International Journal of Scientific Research, definisi observasi itu sendiri sulit ditemukan dalam literatur. Gorman dan Clayton mendefinisikan studi observasi sebagai studi yang melibatkan perekaman sistematis dari fenomena yang dapat diamati atau perilaku dalam pengaturan alami.

Penulis lain mendefinisikan observasi dalam konteks etnografi yang lebih luas atau observasi partisipasi yang lebih sempit. Apa yang konsisten dalam definisi, bagaimanapun, adalah kebutuhan untuk mempelajari dan memahami orang-orang dalam lingkungan alam mereka.

Spradley menulis bahwa observasi partisipasi mengarah pada deskripsi etnografis. Dia mendefinisikan etnografi sebagai karya menggambarkan budaya dengan tujuan utama untuk memahami cara hidup lain dari sudut pandang asli.

Tujuan Observasi

Mengutip buku Metodologi Penelitian Pendidikan karya Wagiran, tujuan pengumpulan data dengan teknik observasi, terutama pada penelitian sosial antara lain:

  • Untuk mengamati tingkah laku manusia sebagai peristiwa aktual yang memungkinkan kita memandang tingkah laku sebagai proses.
  • Menyajikan kembali gambaran-gambaran.
  • Eksplorasi pada beberapa hal yang perlu diketahui sehubungan dengan sebuah topik.
  • Memberi petunjuk-petunjuk baru bagi peneliti yang mendapatkan informasi.

Ciri-ciri Observasi

Observasi paling sederhana adalah mengamati. Observasi dapat dikatakan tepat, bila memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. dapat menangkap keadaan (konteks)
  2. dapat menangkap peristiwa yang berarti
  3. mampu menentukan realitas
  4. mampu mengidentifikasi keteraturan dan gejala-gejala berulang
  5.  dapat dipertanggungjawabkan

Jenis Metode Observasi

Ada beberapa jenis metode observasi yang perlu diketahui

Partisipan

Observasi partisipan adalah observasi di mana pengamat menjadi bagian dari kelompok yang diamati. Pengamat berbagi situasi sebagai pendengar yang penuh perhatian, merekam dan menafsirkan perilaku kelompok. Pengamat merasakan aktivitas grup seperti anggota lainnya. Observasi partisipan memiliki peran penting dalam studi kasus.

Non Partisipan

Dalam observasi non-partisipan, pengamat mengambil posisi vintage, dari mana ia dapat mengamati secara rinci perilaku subjek, dengan sedikit gangguan terhadap kelompok. Ketika pengamat mengamati sedemikian rupa sehingga kehadirannya mungkin tidak diketahui oleh orang-orang yang diamatinya, pengamatan tersebut digambarkan sebagai pengamatan terselubung.

Baca kelanjutannya di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Pelajari juga yuk tips agar Si Kecil nyaman bergaul di sekolah dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



JENIS OBSERVASI, KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!