sign up SIGN UP search


parenting

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

Meita Fajriana   |   Haibunda Selasa, 15 Nov 2022 19:25 WIB
7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah Ilustrasi 7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah. Foto: Getty Images/iStockphoto/Sasiistock
Jakarta -

Saat anak pilek dan mengalami hidung tersumbat, Bunda tentu merasa khawatir. Hal ini karena Si Kecil akan merasa tidak nyaman karena saluran pernapasannya bermasalah. Faktanya, pilek dan tersumbat banyak dialami anak balita.

Melansir dari laman WebMD, flu dan hidung tersumbat disebabkan oleh virus, sehingga pemberian antibiotik tidak akan berpengaruh. Dalam kebanyakan kasus, flu ini akhirnya hilang dengan sendirinya. 

"Pilek, flu, dan alergi menyebabkan hidung tersumbat pada bayi dan balita," kata Karen Gill dokter anak yang berbasis di Portland, Oregon, Amerika Serikat dikutip dari laman Medical News Today.


"Pilek dan flu paling sering disebabkan oleh virus, jadi antibiotik tidak akan membantu. Perawatan suportif dapat membantu mengatasi gejala, tetapi tidak ada obatnya dan tubuh perlu melawan virus," lanjutnya.

Lantas apa yang perlu Bunda lakukan untuk mengurangi gejala dan ketidaknyamanan Si Kecil akibat hidung tersumbat ini? Yuk simak terus penjelasannya Bunda. 

Penyebab hidung tersumbat pada anak

Dalam kebanyakan kasus, flu merupakan penyebab hidung tersumbat, tetapi bisa juga dikarenakan penyebab lainnya, seperti alergi. Untuk itu penting bagi Bunda mencari tahu apa penyebab pasti anak mengalami hidung tersumbat, agar dapat diatasi dengan baik. 

Jika hidung tersumbat disebabkan pilek dan flu, beberapa pengobatan rumahan sederhana, seperti menggunakan pelembap udara untuk meredakan hidung tersumbat pada anak. Sementara jika penyebabnya adalah karena alergi, Bunda dapat menjauhkan anak dari pencetus alergi tersebut. 

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak

Berikut beberapa cara pengobatan rumahan yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak seperti dilansir berbagai sumber:

1. Menggunakan uap

Ruangan yang hangat dan beruap dapat membantu mengencerkan lendir yang kental dan memudahkan anak untuk bernapas. Cobalah memandikan anak dengan air hangat sebelum tidur.

Setelah selesai mandi, tampung air panas di dalam kamar mandi dengan pintu tertutup. Biarkan uap memenuhi ruangan sambil duduk bersama anak. Pastikan juga kamar mandi tidak terlalu panas, sehingga sulit bernapas.

2. Pelembap udara

Humidifier atau pelembap udara terutama yang mengeluarkan udara dingin, berfungsi menjaga kelembapan udara. Ini dapat membantu meringankan batuk kering dan dapat mengurangi hidung tersumbat pada anak, terutama di malam hari. 

Coba letakkan pelembap udara di kamar anak saat tidur. Pastikan anak tidak sendirian dengan pelembap udara agar anak tidak memainkannya. Jaga agar pelembap udara tetap bersih, karena jamur dapat dengan mudah tumbuh di ruang basah.

3. Alat penghisap yang dipompa

Anak-anak yang sangat kecil tepatnya bayi, akan lebih sulit mengatasi hidung tersumbat, karena mereka tidak dapat membersihkan hidung mereka. Untuk itu, Bunda bisa mencoba gunakan alat penghisap yang dipompa dengan bentuk seperti bola lampu untuk membersihkan hidung anak dengan lembut.

Jika anak menolak atau terlibat kesakitan, hentikan dan coba pengobatan lainnya ya, Bunda. Simak penjelasan selanjutnya di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video faktor-faktor pemicu ISPA pada Si Kecil berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
CARA MENGATASI HIDUNG TERSUMBAT PADA ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!