sign up SIGN UP search


parenting

6 Cara Stimulasi Potensi Anak Prematur agar Tumbuh Kembang Optimal & Berprestasi

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 16 Nov 2022 19:05 WIB
Ilustrasi Ibu dan Anak 6 Cara Stimulasi Potensi Anak Prematur agar Tumbuh Kembang Optimal & Berprestasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Narongrit Sritana
Jakarta -

Bayi prematur memang bisa mengalami masalah dalam pertumbuhan dan perkembangan. Namun, bukan berarti mereka tidak bisa tumbuh optimal dan berprestasi ya, Bunda.

Bayi prematur lahir kurang dari usia kehamilan 37 minggu. Usai dilahirkan, mereka umumnya membutuhkan perawatan intensif sebelum dipulangkan ke rumah.

Penanganan bayi prematur tidak berhenti sampai pulang dari rumah sakit, Bunda. Orang tua tetap perlu memantau tumbuh kembang anak serta memberikan stimulasi agar ia bisa mengejar ketertinggalan.


Menurut Psikolog Anak dan Keluarga, Irma Gustiana Andriani, M.Psi, tidak ada satu hal yang dominan dalam memberikan stimulasi pada anak prematur. Orang tua tetap perlu memberikan semua stimulasi agar tumbuh kembang Si Kecil optimal dan bisa berprestasi.

"Diberikan stimulasi jadi semuanya harus paralel berjalan bersama, sehingga kelima aspek bisa berjalan optimal. Aspek ini adalah perkembangan kognitif, bahasa, motorik halus dan kasar, sensori, serta sosial dan emosi," kata Irma dalam acara media briefing virtual dengan tema 'Peran Orang Tua untuk Dukung Anak Prematur Tumbuh Sehat dan Berprestasi' via Zoom, Selasa (15/11/22).

Cara stimulasi potensi anak prematur

Menurut Psikolog Irma, prematur tidak akan menghalangi anak untuk mengembangkan potensinya sejak dini. Anak tetap bisa berprestasi di masa akan akan. Hal ini sudah banyak dibuktikan oleh tokoh-tokoh terkenal yang lahir prematur, seperti Albert Einstein.

Namun, anak prematur tidak akan bisa berprestasi tanpa peran orang tua. Ayah dan Bunda perlu bekerja sama untuk memberikan stimulasi untuk membuat quality life anak menjadi baik.

Nah, berikut enam cara menstimulasi potensi anak prematur sejak dini:

1. Deteksi dini

Deteksi dini menjadi langkah awal dan besar untuk memaksimalkan potensi anak prematur. Ayah dan Bunda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah keterlambatan dan mengoptimalkan perkembangan otak Si Kecil.

"Penanganan sedini mungkin penting untuk mencegah ketidakcukupan gizi yang diperlukan untuk perkembangan otak yang optimal," ujar Irma.

Baca halaman berikutnya untuk mengetahui cara stimulasi lainnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga antisipasi kelahiran prematur melalui cara di video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
LANGKAH STIMULASI ANAK PREMATUR AGAR TUMBUH OPTIMAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!