sign up SIGN UP search

parenting

Sari Kurma Disebut Bisa Jadi Obat Demam Berdarah untuk Anak, Mitos atau Fakta?

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 04 Jan 2023 09:07 WIB
close up image . caption
Jakarta -

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang kerap menyerang anak-anak, Bunda. Namun, ada obat alami yang disebut mampu sembuhkan DBD, yakni sari kurma.

Kurma disebut mengandung serat dan antioksidan yang tinggi. Tak hanya bisa mencegah penyakit, buah satu ini juga dapat mendukung kesehatan otak.

Mengutip dari laman Healthline, kurma sendiri memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Sebagian besar kalori di dalamnya berasal dari karbohidrat.


Kurma juga mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan. Serat ini dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

Sari kurma bisa obati DBD?

Banyak orang tua yang memberikan sari kurma pada anaknya jika terkena DBD, Bunda. Lantas, benarkah hal ini?

Dokter spesialis anak, dr. Mira Dewita, Sp.A, mengatakan sari kurma pada dasarnya tidak bisa menyembuhkan atau menaikkan trombosit pada anak, Bunda. Karena itu, pernyataan sari kurma sebagai obat DBD adalah mitos atau hoaks.

"Pernyataan tentang jus jambu atau sari kurma yang bisa menyembuhkan atau menantikan trombosit pada anak yang sakit demam berdarah adalah mitos atau hoaks," katanya pada HaiBunda, belum lama ini.

Trombosit bisa kembali sendiri

Dokter Mira mengatakan pada dasarnya trombosit yang turun saat anak DBD bisa kembali masuk ke pembuluh darah dengan sendirinya. Karena itu, anak tidak membutuhkan obat-obatan tertentu untuk bisa sembuh.

"Trombosit yg keluar dari pembuluh darah dan masuk ke jaringan, saat fase penyembuhan trombosit akan masuk kembali ke pembuluh darah. Trombosit yang tadinya turun akan naik kembali dengan sendirinya. Jadi, anak tidak membutuhkan obat-obatan," tutur Mira.

Lantas seperti apa fase pemulihan atau penyembuhan pada anak DBD? Simak selengkapnya di laman berikutnya, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa saksikan lagi video rekomendasi minyak telon anti-nyamuk berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



ANAK KEMBALI SEGAR DAN TIDAK LEMAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!