sign up SIGN UP search

parenting

5 Dampak Pubertas Terlambat pada Anak Laki-Laki dan Perempuan

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 18 Jan 2023 15:57 WIB
Side view of two sad good friends embracing in a bedroom in a house interior with a dark light in the background caption
Jakarta -

Tak hanya pubertas dini, anak juga bisa mengalami keterlambatan masa pubertas, Bunda. Hal ini merupakan masalah penting bagi anak karena dapat menimbulkan berbagai dampak.

Pubertas merupakan periode pertumbuhan yang dari anak-anak menuju dewasa yang pasti akan dialami oleh setiap anak. Pada anak perempuan, biasanya pubertas terjadi di usia 8 hingga 13 tahun, sementara pubertas anak laki-laki terjadi antara usia 9 hingga 14 tahun.

Menurut Prof.Dr.dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K), pubertas terlambat paling mudah terlihat oleh anak perempuan. Hal ini karena tandanya mudah dikenali yakni anak tidak kunjung menstruasi.


"Pada anak perempuan lebih cepat dan lebih sering terdeteksi. Kenapa? Karena kalau dia belum haid umur tertentu, anak atau orang tuanya mulai khawatir," katanya dikutip dari akun Instagram @amanpulungan, Selasa (17/1/2023).

Pubertas terlambat pada anak laki-laki

Tak hanya anak perempuan, anak laki-laki juga bisa mengalami pubertas terlambat. Namun, terkadang tanda-tandanya tidak disadari sehingga penanganannya pun terlambat.

Pubertas pada anak laki-laki dikenali dari ukuran zakar dalam rentang usia 9-14 tahun. Namun, terkadang anak dan orang tua tidak mengenali perubahan tersebut.

"Pada laki-laki karena pubertas itu adalah ukuran zakar dan ini bisa terjadi angka 4 ml (ukuran buah zakar) ini awal pubertas pada umur 9 tahun sampai dengan 14 tahun, jadi sering sekali anak laki-laki tidak tahu. Nah ini yang menjadi membuat terlambat," jelas Prof.Dr.dr. Aman Bhakti Pulungan.

Penyebab pubertas terlambat

Dokter Aman Pulungan menjelaskan ada banyak hal yang menyebabkan pubertas terlambat, Bunda. Misalnya saja seperti constitutional delay, tumor, kelainan kromosom, hingga adanya kegagalan pusat hormon.

"Penyebabnya apa? Bisa yang sangat simpel seperti constitutional delay, tapi bisa yang sangat serius seperti tumor, kelainan kromosom, sindrom kallmann misalnya, atau juga kegagalan pusat hormon ini untuk mengatur hormonnya. Jadi ini harus dipastikan," ungkap Aman.

Dampak anak alami pubertas terlambat

Ada beberapa dampak yang perlu Bunda pahami ketika anak alami pubertas terlambat, Bunda. Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

1. Anak alami masalah pertumbuhan

Pubertas terlambat yang disebabkan oleh gagalnya pusat hormon membuat anak laki-laki tidak mendapatkan hormon dalam jumlah seharusnya, Bunda. Padahal, anak butuh hormon untuk tumbuh, pubertas, dan bereproduksi.

"Terapinya harus tepat dilakukan karena anak laki-laki ini kan butuh hormon untuk bertumbuh, pubertas, dan reproduksi. Terapinya bisa yang simpel, bisa juga cukup lama dan bisa seumur hidup. Jadi pastikan anak laki-laki sebelum 14 tahun sudah mengalami pubertas," ungkap dr. Aman.

2. Keterlambatan maturasi tulang

Menurut dokter spesialis anak, dr. K.S. Denta, M.Sc, Sp.A, anak perempuan dan laki-laki yang mengalami pubertas terlambat akan mengalami pertumbuhan yang tidak sejalan dengan anak remaja seusianya, Bunda.

"Pertumbuhannya tidak sejalan dengan anak remaja seusianya," ungkapnya pada HaiBunda, belum lama ini.

Hal ini juga sejalan dengan Jurnal Sari Pediatri berjudul Keterlambatan Pubertas yang diterbitkan oleh diterbitkan oleh Badan Penerbit Ikatan Dokter Anak Indonesia (BP-IDAI). Anak yang mengalami pubertas terlambat harus segera diterapi karena akan mengalami keterlambatan maturasi tulang.

"Keterlambatan pubertas harus diterapi segera karena pasien akan mengalami keterlambatan maturasi tulang dan pertumbuhan," jelas studi yang terbit pada tahun 2003 ini.

Lantas apa lagi dampak anak mengalami pubertas terlambat? Simak penjelasan lengkapnya pada laman berikutnya, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Lihat lagi video penyebab dan dampak anak terlambat pubertas berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



ADANYA GANGGUAN PSIKOLOGIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!