sign up SIGN UP search

parenting

Perbedaan Demam Biasa dan Demam Tumbuh Gigi pada Anak

Meita Fajriana   |   Haibunda Jumat, 31 Mar 2023 20:39 WIB
demam tumbuh gigi caption

Badan Si Kecil mendadak panas dan demam saat tumbuh gigi. Sebagian dokter menyatakan bahwa sebenarnya tidak ada kaitannya di antara dua hal itu. Itu sebabnya penting memahami perbedaan demam biasa dan demam tumbuh gigi.

Melansir dari laman WebMD, tumbuh gigi, yang terjadi saat gigi bayi pertama kali menembus gusinya, dapat menyebabkan air liur, nyeri, dan kerewelan. Bayi biasanya mulai tumbuh gigi pada usia enam bulan, tetapi setiap anak berbeda. Biasanya, dua gigi depan di gusi bawah muncul lebih dulu.

Beberapa orang tua percaya bahwa tumbuh gigi dapat menyebabkan demam. Meski belum ada bukti yang mendukung gagasan ini, memang benar bahwa tumbuh gigi dapat sedikit meningkatkan suhu bayi, tetapi tidak akan menyebabkan demam.


Jika bayi Bunda demam bersamaan dengan tumbuh giginya, penyakit lain yang tidak terkait kemungkinan besar menjadi penyebabnya. Jadi, yuk cari tahu apa perbedaan kondisi demam biasa dan tumbuh gigi Bunda. 

Gejala tumbuh gigi dan demam

Meskipun setiap bayi merespons rasa sakit secara berbeda, ada beberapa tanda umum yang dapat Bunda perhatikan saat Si Kecil sedang tumbuh gigi atau sakit demam biasa Bunda.

Gejala Tumbuh gigi

Gejala tumbuh gigi di antaranya:

  1. Meneteskan air liur
  2. Ruam di wajah biasanya disebabkan oleh reaksi kulit terhadap air liur
  3. Sakit gusi
  4. Sering mengunyah atau menggigit tangannya
  5. Rewel atau lekas marah
  6. Kesulitan tidur

"Berlawanan dengan kepercayaan populer di kalangan orang tua, tumbuh gigi tidak menyebabkan demam, diare, ruam popok, atau pilek," kata Karen Gill dokter anak yang berbasis di Amerika Serikat dikutip dari laman Healthline beberapa waktu lalu. 

Gejala demam pada bayi

Umumnya, demam pada bayi didefinisikan sebagai suhu di atas 38 derajat celsius. Berikut gejala demam lainnya:

  1. Berkeringat
  2. Menggigil
  3. Kehilangan selera makan
  4. Menjadi lekas marah
  5. Dehidrasi
  6. Pegal-pegal
  7. Lemas dan kelelahan

Perbedaan demam biasa dan tumbuh gigi

Selain pada gejala, perbedaan demam biasa dan demam tumbuh gigi bisa dilihat dari prilaku Si Kecil Bunda. Berikut penjelasannya. 

Jika Bayi Bunda menunjukkan prilaku sebagai berikut, artinya suhu anak naik dikarenakan tumbuh gigi.

1. Lebih rewel dari biasanya

Bunda mungkin memperhatikan bayi rewel, atau ingin lebih sering digendong. Sekitar dua pertiga bayi yang sedang tumbuh gigi menunjukkan tanda-tanda kerewelan.

2. Ngiler sepanjang waktu

Air liur meningkat saat gigi mulai mendorong ke luar. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa lebih dari setengah bayi ngiler saat tumbuh gigi. Terkadang semua kelebihan air liur itu dapat menyebabkan munculnya ruam di dagu, pipi, dan leher.

3. Menggigit banyak hal

Gejala yang bahkan lebih umum, menurut penelitian yaitu iritasi gusi. Ini mempengaruhi lebih dari 85 persen bayi yang sedang tumbuh gigi, dikarenakan perilaku anak yang senang menggigit banyak hal ketika tumbuh gigi. 

4. Kurang tertarik pada benda padat

Jika bayi Bunda sudah mulai makan makanan padat, Bunda mungkin memperhatikan bahwa Si Kecil kurang lahap pada hari-hari menjelang gigi baru tumbuh. Selama anak Bunda masih banyak minum ASI atau susu formula, hal itu tidak perlu dikhawatirkan ya Bunda. 

Simak penjelasan selanjutnya di halaman berikutnya ya Bunda.


Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Simak soal makanan untuk anak demam dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 7-12 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 7-12 bulan. Cek Yuk arrow-right
PERBEDAAN DEMAM BIASA DAN TUMBUH GIGI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!