Sign Up search


trending

Haru! Bantu Tim Medis Tangani Corona, Online Shop Ini Bagikan APD Gratis

Siti Hafadzoh Jumat, 27 Mar 2020 13:17 WIB
Haru! Bantu Tim Medis Tangani Corona, Online Shop Ini Bagikan APD Gratis Haru! Bantu Tim Medis Tangani Corona, Online Shop Ini Bagikan APD Gratis/ Foto: iStock
Jakarta - Seiring bertambahnya pasien virus corona, petugas medis masih kekurangan alat pelindung diri (APD). Petugas medis membutuhkan lebih banyak lagi APD untuk melindungi dirinya agar tak tertular pasien yang sudah positif corona.

Melihat fenomena ini, berbagai online shop dan public figure berbondong-bondong menyumbangkan alat medis. Salah satunya, online shop bernama @aniaki_ind yang memberikan jubah pelindung gratis kepada tim medis.


Online shop yang bergerak di bidang fashion ini memproduksi sendiri jubah pelindung yang akan mereka berikan, Bun. Mereka tergerak untuk membantu karena merasa miris mendengar curhatan para dokter dan ahli medis lainnya.


"Masing RS dapat 5 hamzat, biar smua kebagian tp nanti insyaAllah akan dtg bahan lagi pasti kan continue kirim insyaAllah," tulis mereka di Instagram Story.

Haru! Bantu Tim Medis Tangani Corona, Online Shop Ini Bagikan APD GratisFoto: Instagram @aniaki_ind

Online tersebut juga memohon agar hazmat yang dibagikan gratis tersebut tidak disalahgunakan. Mereka menekankan hanya akan diberikan kepada dokter dan perawat. Serta menegaskan agar tak dimanfaatkan pihak tak bertanggung jawab untuk dijual lagi.

Sejauh ini, mereka sudah mencatat ada 145 hamzat suit untuk beberapa rumah sakit di daerah Bandung, Jakarta, Cirebon, Bontang hingga Lampung. Saat ini, mereka baru bisa memberikan 5 buah hamzat untuk satu rumah sakit.

Selanjutnya, mereka berharap bisa memproduksi 100 baju pelindung untuk dibagikan lagi ke tenaga medis. Mereka juga meminta agar pemesan jubah pelindung menyertakan identitas dokter dan rumah sakitnya.

Sebelumnya, diketahui bahwa Indonesia memang masih mengandalkan impor untuk memenuhi kebutuhan APD. Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, ia sudah berbicara dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Ia meminta agar industri di Indonesia mendukung upaya penanganan virus corona di dalam negeri. Industri yang dimaksud yaitu tekstil yang memproduksi alat pelindung diri. Selain itu, industri masker dan hand sanitizer juga memerlukan dukungan dari pemerintah.


"Sehingga kami mampu memenuhi kebutuhan tanpa tergantung dari luar," kata Doni dikutip dari CNN Indonesia.

Semoga dengan adanya produsen APD dalam negeri, tim medis lebih terbantu. Sehingga, penanganan virus corona ini lebih optimal ya, Bun.

Simak juga 6 hal yang perlu Bunda ketahui tentang virus corona di video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi