sign up SIGN UP search


trending

Ingin Olahraga di Luar Rumah Saat Pandemi Corona? Ini Syaratnya

Annisa Afani Minggu, 03 May 2020 13:19 WIB
Athletic muslim woman is exercising on staircase caption
Jakarta - Dengan mengikuti anjuran di rumah saja yang ditetapkan pemerintah, mengubah berbagai pola kegiatan yang selama ini kita lakukan secara leluasa di luar. Contohnya harus work from home (WFH) dan juga olahraga di rumah saja.

Meski memiliki nilai positif karena lebih mendekatkan diri dengan keluarga, namun ternyata hal tersebut justru membuat kita jadi malas bergerak, Bunda.


Hal tersebut tentunya tidak baik dan berbahaya ya, karena bisa membuat daya tahan tubuh menurun. Padahal di tengah pandemi COVID-19, tugas utama yang dapat kita lakukan untuk menghindari virus tersebut ialah dengan memperkuat imun daya tahan tubuh.


Untuk mengatasinya, tentu saja dengan berolahraga. Kegiatan tersebut bisa Bunda lakukan di rumah saja. Jika ingin keluar, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk melakukannya.

Dikutip dari CNNIndonesia.com, Andi Kurniawan selaku anggota Perhimpunan Dokter Indonesia Spesialis Dokter Olahraga mengatakan syarat olahraga di luar rumah selama pandemi Corona, sebagai berikut:

1. Periksa wilayah

Memeriksa wilayah yang akan kita gunakan sangat penting, Bunda. Usahakan untuk menjauh dari wilayah yang warganya banyak terinfeksi COVID-19. Jika tidak memungkinkan, olahraga masih bisa dilakukan di luar, dengan cukup di halaman rumah saja.

"Olahraga di rumah tidak mesti benar-benar di dalam rumah. Bisa di halaman rumah asal tetap di dalam pagar, atau keluar kompleks," kata Andi.

2. Kondisi tubuh

Penting untuk menjaga agar tubuh tetap fit di saat pandemi seperti sekarang. Jika kondisi kurang fit, dan daya tubuh menurun, maka tubuh akan secara otomatis rentan terserang penyakit.

Jika tubuh dalam kondisi sehat, Bunda bisa berolahraga di luar ruangan. Namun jika sebaliknya, lebih baik melakukannya di rumah saja.

3. Jaga jarak hingga 2 meter

Saat berolahraga di luar rumah, Andi mengingatkan untuk tetap menjaga jarak pada siapapun yang jika berpapasan di jalan. Ini juga berlaku bagi teman yang Bunda ajak berolahraga, setidaknya beri rentang jarak 1,5 - 2 meter.

Ingin Olahraga di Luar Rumah Saat Pandemi Corona? Ini SyaratnyaOlahraga di luar/ Foto: ilustrasi/thinkstock

4. Jangan menyentuh apapun

Ada banyak benda yang akan ditemui saat di luar rumah, seperti tiang di pinggir jalan, kursi, hingga fasilitas peralatan olahraga yang biasa digunakan oleh siapapun. Nah, untuk situasi seperti saat ini, usahakan untuk tidak menyentuh benda-benda sekitar ya, Bunda.

"Setelah berolahraga, baju segera dicuci, dan jangan pernah untuk menyentuh area wajah jika belum mencuci tangan" imbuh Andi.

5. Kenali tubuh

Olahraga memang baik bagi tubuh, namun perlu bagi kita untuk mengenal batas. Jangan sampai melakukan olahraga dengan porsi berlebihan. Cukup melakukannya maksimal selama 60 menit dengan intensitas yang sedang. Terlebih bagi Bunda yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.


Simak juga beberapa alasan mengapa tubuh menjadi ngilu dan pegal setelah berolahraga, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi